Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta perlindungan investasi dalam pembangunan kawasan perbatasan, terutama dari pemerintah daerah setempat agar sejumlah proyek Kadin dapat segera terealisasi.
 
Endang Kesumayadi, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Ekonomi Kawasan Perbatasan mengatakan Kadin tengah memproses sejumlah proyek untuk pengembangan ekonomi kawasan perbatasan yang terkonsentrasi di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.
 
"Sementara ini, Kadin masih berkonsentrasi ke Kaltim dan Kalbar karena berbatasan langsung dengan Malaysia, yang sejauh ini pembangunan di Malaysia masih jauh dengan wilayah perbatasan kita," katanya dalam siaran pers, Selasa (17/9/2013).
 
Menurutnya, Kadin tengah membangun dryport di Kapuas Hulu dan Sanggau. Selain itu, Kadin juga berencana melakukan investasi di sektor lainnya seperti listrik tenaga surya, retail, jasa kontruksi infrastruktur sipil, perkebunan hingga pertambangan bauksit.
 
Endang menilai kebijakan pemerintah daerah dan pusat seringkali bersinggungan, sehingga menyebabkan investasi menjadi terhambat. Selain itu, Kadin juga meminta dukungan dari BUMN agar investasi di perbatasan semakin kondusif.
 
Dia mengaku perusahaan anggota Kadin berencana bekerjasama dengan PT LEN di Bandung untuk mengembangkan listrik tenaga surya di kawasan perbatasan. Hal itu dirasa perlu dilakukan mengingat potensi sektor perikanan di kawasan perbatasan sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper