Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pedagang Guyur Beras Operasi Pasar ke Seluruh Jaringan

BISNIS.COM, JAKARTA—Pedagang beras di pasar induk mengaku telah menyebarkan beras operasi pasar (OP) ke seluruh jaringan yang dimiliki untuk meredam harga di eceran.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 08 Juli 2013  |  02:12 WIB
Pedagang Guyur Beras Operasi Pasar ke Seluruh Jaringan

BISNIS.COM, JAKARTA—Pedagang beras di pasar induk mengaku telah menyebarkan beras operasi pasar (OP) ke seluruh jaringan yang dimiliki untuk meredam harga di eceran.

Ketua DPP Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Nellys Soekidi mengungkapkan beras operasi pasar  lebih banyak diserap oleh pedagang, tetapi pihaknya sudah menyebarkan ke konsumen melalui beberapa cara.

“Alasan Bulog [Badan Urusan Logistik] memilih pasar induk sebagai lokasi OP karena kami dianggap memiliki jaringan ke bawah. Kami langsung mengirimkan ke jaringan dengan cara titip barang maupun sistem utang,” kata Nellys saat dihubungi Bisnis, Minggu (7/7/2013).

Selain itu, lanjutnya, beras yang dikirimkan bisa berupa murni OP atau hasil campuran dengan kualitas super. Pencampuran beras ini dilakukan untuk menyiasati rasa beras impor yang cenderung keras.

Beras hasil campuran ini menghasilkan harga yang terjangkau bagi konsumen, sehingga akan mudah terserap oleh konsumen.

Nellys berpendapat OP yang dilakukan Bulog ini masih membutuhkan waktu. Paling tidak pemerintah sudah terlihat berupaya untuk menekan harga di pasar.

OP Bulog, sambungnya, memang diperlukan karena pasokan beras dari beberapa daerah penghasil belum maksimal. Ini disebabkan panen di Pulau Jawa yang belum merata.

“Panen yang belum merata ini menyebabkan harga naik beberapa waktu lalu. Saat ini yang panen masih daerah Jawa Timur. Jawa Tengah dan Jawa Barat masih sebagian saja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bulog Harga Beras harga op lebaran perpadi nellys
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top