Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Pangan Ramadhan: Mentan Keluhkan Spekulasi Pedagang

BISNIS.COM,JAKARTA – Menteri Pertanian, Suswono menyindir beberapa perilaku pedagang yang suka berspekulasi dengan cara menaikkan harga secara tidak wajar menjelang Ramadhan dan Lebaran. Padahal, menurutnya, persediaan bahan pangan untuk Ramadhan

BISNIS.COM,JAKARTA – Menteri Pertanian, Suswono menyindir beberapa perilaku pedagang yang suka berspekulasi dengan cara menaikkan harga secara tidak wajar menjelang Ramadhan dan Lebaran. Padahal, menurutnya, persediaan bahan pangan untuk Ramadhan dan Lebaran dalam kondisi aman.

“Persediaan kebutuhan pokok menghadapi Ramadhan dan Lebaran mendatang sudah lebih dari cukup. Jadi, janganlah pedagang itu melakukan spekulasi dengan menaikkan harga secara tidak wajar,” katanya hari ini, jumat (5/7/2013).

Menurut Suswono, perilaku seperti itu bukanlah suatu etika berbisnis yang baik. Selain mengejar untung, seharusnya pedagang atau pengusaha juga memperhatikan aspek sosial.

“Saya seringkali berpesan kepada pengusaha dan pedagang agar selalu mengutamakan etika dalam berbisnis, jangan hanya mencari keuntungan saja. Pada bulan puasa kebutuhan meningkat, omzet juga akan meningkat. Jadi, tidak perlu menaikkan harga,” jelasnya.

Untuk itu, agar tidak terjjadi permainan harga dari pedagang, pihaknya akan bekerjasama dengan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Selan itu, pihaknya akan menggalakkan pasar murah dan juga operasi pasar, seperti subsidi harga daging yang akan dilaksanakan di wilayah Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper