Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BHP Jual Saham Tambang Bijih Besi ke Konglomerat Jepang

BISNIS.COM, SYDNEY--BHP Billiton, perusahaan tambang terbesar dunia, menjual 15% sahamnya di salah satu tambang bijih besi utama perusahaan itu di Australia kepada dua konglomerat Jepang snilai US$1,5 miliar.Itochu Corp sepakat membeli 8% saham di tambang

BISNIS.COM, SYDNEY--BHP Billiton, perusahaan tambang terbesar dunia, menjual 15% sahamnya di salah satu tambang bijih besi utama perusahaan itu di Australia kepada dua konglomerat Jepang snilai US$1,5 miliar.

Itochu Corp sepakat membeli 8% saham di tambang Jimblebar yang kaya sumber daya di wilayah Pilbara, Australia Barat, senilai sekitar US$800 juta, sementara Mitsui akan membayar US$700 juta untuk 7% saham.

Tambang Jimblebar sepenuhnya dimiliki oleh BHP yang akan memiliki kapasitas produksi awal 35 juta ton komoditas untuk pembuatan baja per tahun, meningkat menjadi 200 juta ton per tahun ketika beroperasi penuh.

Itochu dan Mitsui secara bersama-sama memiliki 15% dari tambang BHP, jalan kereta api dan infrastruktur pelabuhan di wilayah tersebut.

"Kami sangat senang dengan berlanjutnya keberhasilan, usaha patungan yang sudah berlangsung lama dengan Itochu dan Mitsui," kata Presiden BHP Jimmy Wilson, Sabtu (22/6/2012).

Foreign Investment Review Board Australia telah menyetujui rencana transaksi tersebut, dengan kesepakatan diharapkan ditandatangani pada September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper