Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAHLAN ISKAN: Tol Sumatera Dongkrak Perenomian Sumatera

BISNIS.COM, AC, JAMBI - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, pembangunan jalan tol Sumatera akan mendongkrak perekonomian di kawasan Sumatera, termasuk Provinsi Jambi."Dengan adanya ekses jalan tol, secara otomatis ekonomi akan tumbuh. Begitu juga dengan

BISNIS.COM, AC, JAMBI - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, pembangunan jalan tol Sumatera akan mendongkrak perekonomian di kawasan Sumatera, termasuk Provinsi Jambi.

"Dengan adanya ekses jalan tol, secara otomatis ekonomi akan tumbuh. Begitu juga dengan Provinsi Jambi, pertumbuhan ekonominya akan luar biasa karena akses jalan tol ini bersingungan juga dengan Jambi," katanya.

Pernyataan itu disampaikan Menteriu BUMN saat berdialog dengan pengusaha dan warga Tionghoa Jambi di Jambi, akhir pekan ini (19/5/2013).

Dahlan mengatakan, untuk merealisasikan jalantol ini, nantnya pemerintah akan mengeluarkan petunjuk pembangunan jalan tol Sumatera tersebut.

Dengan adanya akses jalan tol ini maka akses transportasi Provinsi Jambi ke daerah lain di Sumatera akan semakin mudah dan tak terkendala, waktu tempuh semakin pendek sehingga bisa menghemat biaya.

Ia berkomitmen sebelum akhir masa jabatannya, pembangunan jalan tol Sumatera akan direalisasikan. Untuk itu ia mendorong agar proses pembangunan tol itu dilakukan lewat BUMN dan tidak mengandalkan APBN.

Jika hanya mengandalkan APBN saja maka rencana itu akan sulit terealisasi, karena penganggaran dana pada APBN bukannya hal yang mudah, butuh proses politik yang panjang dan berbelit-belit.

"Itulah sebabnya, Presiden selalu bilang kepada saya, jangan angkat barang dengan satu tangan. Harus ada satu tangan lagi untuk gerakkan Indonesia, yakni BUMN. Khusus jalan tol Sumatera, saya minta pak Presiden serahkan ke BUMN, supaya prosesnya cepat selesai," katanya.

Dalam dialog yang didampingi Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Dahlan mengapresiasi warga Tionghoa di Jambi, karena sembilan suku Tionghoa semuanya kompak dan selalu menjaga kebersamaan.

Menteri berpesan agar warga Tionghoa di Jambi ikut bersama-sama memikirkan kemajuan Jambi.

"Saya sering sampaikan ke pak gubernur, kita semua hidup di Jambi, lahir di sini ada yang sampai lima generasi. Ikutlah memikirkan bagaimana membangun Jambi agar lebih maju," ujarnya.

Ia mengaku sudah sering berdiskusi dengan Gubernur Jambi soal masa depan Jambi.

Secara teritorial, di selatan Jambi ada Sumsel yang dalam 10 tahun terakhir ekonomi daerah itu mengalami kemajuan luar biasa. Sementara itu di utara Jambi ada Riau yang perkembangannya juga luar biasa.

"Provinsi Jambi itu di tengah-tegah dari wilayah yang sangat maju. Saya bicara dengan gubernur, apa yang harus diperbuat oleh kelompok ekonomi untuk membuat Jambi maju. Hanya orang Jambi yang bisa buat Jambi maju dan teman Tionghoa harus bertanggung jawab untuk kemajuan Jambi, tegas Dahlan.

Masyarakat Jambi harus bangkit dan memanfaatkan Sumsel serta Riau untuk kemajuan. Karena itu, program gubernur akan didukung oleh BUMN, harus ada jalan dari Sarolangun tembus Ujung Jabung, tambahnya. (Antara/dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : N
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper