Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENINGKATAN MUTU UKM: Kemenkop Kerja Sama Dengan Profesional RI di Jepang

BISNIS.COM, JAKARTA—Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerja sama dengan perkumpulan profesional Indonesia di Jepang dalam upaya meningkatkan kualitas produk usaha mikro, kecil, dan menengah melalui sentuhan inovasi dan teknologi Jepang.  Sekretaris

BISNIS.COM, JAKARTA—Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerja sama dengan perkumpulan profesional Indonesia di Jepang dalam upaya meningkatkan kualitas produk usaha mikro, kecil, dan menengah melalui sentuhan inovasi dan teknologi Jepang.
 
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram, mengemukakan kesepakatan itu pada diskusi terbatas di Osaka, Jepang pada 13 April 2013, yang dilanjutkan dengan penandatanganan surat kesepakatan kerja sama.
 
Dia hadir di Jepang mewakili Menteri Koperasi dan UKM, serta bertemu perkumpulan profesional Indonesia (Enjinja Nusantara) yang aktif membantu pengembangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.
 
”Terus terang kami sangat mendukung Enjinia Nusantara agar terus aktif membantu UMKM di Indonesia. Kami bangga dengan Enjinia Nusantara karena terus member perhatian,” katanya kepada wartawan, Selasa (16/4).
 
Penandatanganan MoU dilakukan Agus Muharram bersama Ketua Enjinia Nusantara Abdi Pratama serta disaksikan Ketua Japan Indonesia Kaizen Center (JIK-C) Sigit Widodo, dan Konsul Jenderal RI Ibnu Hadi.  
 
Pada kesepakatan itu Kementerian Koperasi dan UKM akan membentuk tim kerja khusus bersama Enjinia Nusantara yang bertugas melakukan Genchi Genbutsu (melihat secara langsung) ke lapangan kondisi UMKM di Indonesia.
 
Kemudian bersinergi melakukan inovasi berdasarkan keilmuan dan pengalaman yang dimiliki selama bekerja sebagai praktisi profesional di dunia industri Jepang. Aksi bersama ini ditargetkan mulai pada Juli 2013 dan akan dievaluasi setiap tahunnya. (if)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Mulia Ginting Munthe
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper