Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OMSET CAFE & RESTORAN: Berpeluang Tumbuh 15%, Meski TDL Akan Naik

BISNIS.COM, JAKARTA—Pendapatan kafe dan restoran  berpeluang  tumbuh hingga 15% pada tahun ini, meski  tarif dasar listrik (TDL)  dan LPG akan naik tahun ini.. Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo)
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 11 April 2013  |  14:41 WIB
OMSET CAFE & RESTORAN: Berpeluang Tumbuh 15%, Meski TDL Akan Naik
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Pendapatan kafe dan restoran  berpeluang  tumbuh hingga 15% pada tahun ini, meski  tarif dasar listrik (TDL)  dan LPG akan naik tahun ini..
 
Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Eddy Susanto mengatakan kisaran pendapatan bisnis kuliner tahun lalu mencapai Rp6 triliun-Rp10 triliun. Kenaikan TDL dan LPG, lanjutnya,  memberikan kontribusi sebesar 15% terhadap total biaya produksi.
 
“Kenaikan dua komponen ini sangat terasa dampaknya bagi pengusaha kelas menengah ke atas. Namun, terkait dengan penaikan upah minimun provinsi tidak semua terkena getahnya. Bagi restoran dengan skala kecil justru memperoleh berkah karena daya beli konsumen mereka bertambah,” kata Eddy kepada Bisnis, Kamis (11/4).
 
Dia menambahkan kafe dan restoran selalu mempunyai prospek yang bagus yang diindikasikan dengan banyaknya brand yang muncul. Hal ini jangan sampai membuat pelaku usaha menjadi lengah mengingat persaingan semakin ketat. Apalagi, jumlah pengusaha baru lebih banyak dibandingkan pengusaha yang sudah lama.
 
Akan tetapi, Eddy menyayangkan munculnya pengusaha dengan brand baru tidak didukung dengan berkembangnya konsep yang baru. Saat ini Apkrindo memiliki lebih dari 300 brand yang telah terdaftar sebagai anggotanya.
 
Mayoritas brand, katanya,  menawarkan jenis makanan dan pelayanan yang telah ada. Misalnya untuk restoran skala kecil dengan jenis makanan mie, nasi, atau roti. Padahal, untuk bisa sukses bersaing dibutuhkan konsep berbeda dibandingkan dengan yang sudah ada, sehingga memberi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
 
Dia memperkirakan restoran berjenis fast food seperti ayam goreng, burger, dan pizza masih mempunyai prospek yang bagus. Terlebih, meningkatnya pendapatan masyarakat akan membuat mereka berkeinginan untuk mencoba selain makanan rumahan.
 
Berubahnya pendapatan juga berpengaruh pada kebiasaan makan mereka yang menginginkan menu cepat dan sehat. Restoran yang menyajikan menu masakan sehat berbahan organik juga akan tumbuh tahun ini. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan restoran dengan konsep menu kontinental seperti Jepang, Korea, atau Italia juga semakin diminati.  (if)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner restoran tdl kafe

Sumber : Rio Sandy Pradana

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top