Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENAIKAN HARGA BBM: Apindo Minta Pemerintah Segera Siapkan BLT

BISNIS.COM, JAKARTA --Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tidak mempermasalahkan bila pemerintah nantinya memutuskan menaikan harga bahan bakar minyak, tetapi pemerintah harus mengalihkan subsidi itu untuk bantuan langsung tunai (BLT).Ketua Umum Apindo

BISNIS.COM, JAKARTA --Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tidak mempermasalahkan bila pemerintah nantinya memutuskan menaikan harga bahan bakar minyak, tetapi pemerintah harus mengalihkan subsidi itu untuk bantuan langsung tunai (BLT).

Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi mengatakan dengan menaikan harga BBM bisa mengurangi subsidi hingga 50%. Sementara opsi pembatasan bensin untuk pelat hitam dan kuning diyakininya hanya mengurangi subsidi 15% sampai 20%.

"Saya sudah usulkan supaya naik saja, tapi siapkan BLT untuk rakyat miskin. Karena pembatasan (bbm) untuk pelat kuning dan hitam susah dijaganya," ujar Sofjan usai acara Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, Selasa (8/4).

Begitu juga dengan kenaikan tarif dasar listrik yang menurutnya sudah diterima para pengusaha untuk tahun ini. Meskipun diakuinya PLN harus memikirkan juga para pengusaha kecil dan menengah agar bisa diberi keringanan.

Selain itu, pemerintah juga harus segera memperbaiki infrastruktur di daerah-daerah. Mulai dari listrik, gas, jalan raya, bandara, saluran air dan irigasi untuk petani diharapkan bisa dibenahi.

Sofjan menyayangkan masih banyak pungutan liar (pungli) di daerah-daerah yang membuat pengusaha mengurungkan niatnya untuk ekspansi. (if)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Mahmudi Restyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper