Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

IMPOR HORTIKULTURA: Pengaturan Pertimbangkan Liberalisasi Tarif Asean

BISNIS.COM, TANGERANG SELATAN – Pembahasan mekanisme tarif pengaturan impor hortikultura akan mempertimbangkan liberalisasi tarif di lingkungan Asean pada 2015.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 05 April 2013  |  13:31 WIB
IMPOR HORTIKULTURA: Pengaturan Pertimbangkan Liberalisasi Tarif Asean
Bagikan

BISNIS.COM, TANGERANG SELATAN – Pembahasan mekanisme tarif pengaturan impor hortikultura akan mempertimbangkan liberalisasi tarif di lingkungan Asean pada 2015.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan Indonesia telah masuk ke dalam koridor kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean atau Asean Economic Community (AEC) 2015 untuk menurunkan tarif secara berkala.

Selama ini, mekanisme tariff rate quota yang diberlakukan beberapa negara berkembang dan maju kerap dipertanyakan oleh komunitas internasional.

“Kami akan cari solusinya, kalau itu memang diaspirasikan. Itu agar bahasa modalitas atau mekanismenya itu bisa diterima oleh komunitas internasional,” katanya seusai kunjungan ke Pasar BSD Serpong, Jumat (5/4).

Pemerintah tengah mengkaji penerapan mekanisme tarif sebagai alternatif pengganti mekanisme alokasi atau kuota dalam pengaturan impor hortikultura. Mekanisme alokasi pada praktiknya cukup rumit dan sempat menimbulkan gejolak harga di dalam negeri karena proses pengurusan izin impor cukup lama.

Kalaupun mekanisme tarif diterapkan, Gita mengusulkan agar sistem tersebut hanya berlaku bagi produk yang sulit disubstitusi oleh produk lokal dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Mendag mengusulkan agar bawang putih dibebaskan dari tata niaga impor karena 95% kebutuhan masih bergantung pada impor.

Menurutnya, sistem kuota sangat destruktif terhadap rantai pasok di dalam negeri sehingga stabilitas harga tidak bisa dijaga.

Mendag bersama beberapa menteri di bawah koordinasi Menko Perekonomian sore ini akan melakukan pembahasan menyeluruh mengenai mekanisme pengaturan impor hortikultura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gita wirjawan hortikultura mendag kuota impor hortikultura aec 2015
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top