Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAHLAN ISKAN Minta Bulog dan RNI Bantu Kendalikan Harga Bawang

BISNIS.COM, JAKARTA --Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginstruksikan perusahaan pemerintah, yaitu Perum Bulog dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk dapat mengatasi kelangkaan komoditas tersebut di pasar Menteri BUMN Dahlan

BISNIS.COM, JAKARTA --Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginstruksikan perusahaan pemerintah, yaitu Perum Bulog dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk dapat mengatasi kelangkaan komoditas tersebut di pasar 

Menteri BUMN Dahlan Iskan prihatin dengan penaikan harga bawang yang tidak terkendali selama ini. Meskipun bukan di wilayah kerjanya, BUMN dinilai berperan strategis terhadap situasi tersebut. 

"Saya minta Bulog dan RNI menjajaki kemungkinan bisa mengimpor bawang, agar ketersediaan barang tercukupi, sehingga harga bisa ditekan. Silakan Bulog mengurus perizinannya," kata Dahlan Iskan di Jakarta (14/3/2013). 

Penaikan harga bawang putih dan bawang merah memang sudah di atas normal. Saat ini, harga bawang putih dan bawang merah menyentuh harga Rp80.000 per kg. 

Bahkan di beberapa daerah, harga bawang putih mencapai Rp100.000 per kg.   

Dirut Perum Bulog Soetarto Alimoeso yang merespons instruksi Menteri BUMN itu, mengatakan sebetulnya sejak Rabu (13/3) pihaknya sudah melakukan rapat untuk membicarakan hal tersebut. 

"Mudah-mudahan saja, Menteri Perdagangan memberikan ijin," kata Soetarto. 

Mendengar keraguan Soetarto atas izin yang biasanya sulit dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan, Dahlan siap langsung turun tangan untuk membantu langkah tersebut. "Oke nanti saya coba bantu," tambah Dahlan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper