Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DAHLAN ISKAN Minta Bulog dan RNI Bantu Kendalikan Harga Bawang

BISNIS.COM, JAKARTA --Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginstruksikan perusahaan pemerintah, yaitu Perum Bulog dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk dapat mengatasi kelangkaan komoditas tersebut di pasar Menteri BUMN Dahlan
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 14 Maret 2013  |  18:17 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA --Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginstruksikan perusahaan pemerintah, yaitu Perum Bulog dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk dapat mengatasi kelangkaan komoditas tersebut di pasar 

Menteri BUMN Dahlan Iskan prihatin dengan penaikan harga bawang yang tidak terkendali selama ini. Meskipun bukan di wilayah kerjanya, BUMN dinilai berperan strategis terhadap situasi tersebut. 

"Saya minta Bulog dan RNI menjajaki kemungkinan bisa mengimpor bawang, agar ketersediaan barang tercukupi, sehingga harga bisa ditekan. Silakan Bulog mengurus perizinannya," kata Dahlan Iskan di Jakarta (14/3/2013). 

Penaikan harga bawang putih dan bawang merah memang sudah di atas normal. Saat ini, harga bawang putih dan bawang merah menyentuh harga Rp80.000 per kg. 

Bahkan di beberapa daerah, harga bawang putih mencapai Rp100.000 per kg.   

Dirut Perum Bulog Soetarto Alimoeso yang merespons instruksi Menteri BUMN itu, mengatakan sebetulnya sejak Rabu (13/3) pihaknya sudah melakukan rapat untuk membicarakan hal tersebut. 

"Mudah-mudahan saja, Menteri Perdagangan memberikan ijin," kata Soetarto. 

Mendengar keraguan Soetarto atas izin yang biasanya sulit dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan, Dahlan siap langsung turun tangan untuk membantu langkah tersebut. "Oke nanti saya coba bantu," tambah Dahlan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Dahlan Iskan harga bawang merah bawang bawang putih
Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top