Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT PELINDO III Memperluas Lapangan Penumpukan Petikemas di TPK Surabaya

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III akan memperluas lapangan penumpukan di Terminal Petikemas Surabaya seluas 6.000 meter.  
Henrykus F. Nuwa Wedo
Henrykus F. Nuwa Wedo - Bisnis.com 10 Maret 2013  |  15:27 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III akan memperluas lapangan penumpukan di Terminal Petikemas Surabaya seluas 6.000 meter.  

 

Direktur Utama Terminal Petikemas Surabaya (TPS), M. Zaini menjelaskan pihaknya akan memperluas lapangan penumpukan (container yard) petikemas domestik 6.000 meter pada 2013.  

Zaini menyatakan  perluasan lapangan penumpukan untuk menghadapi tren positif arus petikemas domestik di terminal petikemas Surabaya.

Dia menambahan terminal peti kemas Surabaya saat ini hanya mempunyai lapangan penumpungan petikemas domestik seluas 8,2 hektar yang terbagi dalam 4 blok dengan kapasitas 4.000 TEUs.

“Kini dengan penambahan [lapangan penumpukan] 6.000 meter diharapkan akan mampu menampung 5.000 TEUs,” ujarnya dalam siaran pers, Minguu (10/3/2013).

Kegiatan produksi bongkar muat petikemas domestik di terminal petikemas Surabaya selama 2012, tuturnya,telah terjadi peningkatan 15% dibanding dengan capaian untuk periode yang sama 2011.

Menurutnya selama ini jika terjadi kelebihan jumlah petikemas domestik maka sebagian petikemas harus ditampung di lapangan penumpukan petikemas internasional.

“Secara total kontribusi petikemas internasional masih mendominasi di terminal peti kemas Surabaya,” katanya.  

Perluasan lahan yang akan digunakan menjadi lapangan penumpukan petikemas domestik itu, tuturnya, menggunakan lahan bekas gudang api yang dirobohkan sejak 2012.

Dia manambahkan sebelumnya gudang api itu digunakan untuk menyimpan barang berbahaya seperti barang-barang kimia berbahaya (chemical product), minyak cair yang mudah terbakar  (liquid imflamable oil) dan  serbuk dalam kemasan bentuk kotak (package powder).

 Bila terminal petikemas Surabaya menerima kiriman barang berbahaya yang harus ditangani  secara khusus,tuturnya, untuk sementara akan ditempatkan Container Freight Station sambil menunggu dibangunnya gudang api yang baru.

Dia juga menyatakan pada 2013 pihaknya telah mulai melakukan studi pendalaman kolam di depan dermaga di terminal petikemas Surabaya dalam rangka pemeliharaan rutin fasilitas dermaga jika akan dikunjungi kapal pengangkut petikemas berukuran besar.

 

Menurutnya dalam rangka meningkatkan daya dukung dermaga pihaknya juga telah melakukan penggantianfender dan melakuan penyempurnaan sistem operasional dan prosedur untuk meningkatkan dukungan operasional layanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bongkar muat petikemas pt pelindo iii lapangan penumpukan terminal petikemas surabaya

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top