Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APBN-P 2012: Turunnya Harga Minyak Untungkan APBN

 
Diena Lestari
Diena Lestari - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  17:53 WIB

 

JAKARTA: Turunnya harga minyak dunia berdampak positif terhadap postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012, meski penerimaan minyak dan gas diproyeksi sedikit terkoreksi.

 

Rofyanto Kurniawan, Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan mengatakan tren penurunan harga minyak sepanjang Mei berdampak positif terhadap postur APBN.

 

“Kalau harga minyak tinggi net impact-nya itu kan masih negatif. Tapi kalau turun, itu suatu yang positif untuk APBN kita karena subsidi akan turun lebih banyak,” ujarnya usai Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR, hari ini.

 

Kendati demikian, Rofyanto mengakui akan ada penurunan penerimaan negara dari ekspor minyak. Berdasarkan estimasi pemerintah, optimalisasi pendapatan negara yang berasal dari kenaikan harga minyak dapat mencapai Rp42,3 triliun pada tahun ini.

 

Realisasi harga Indonesia Crude Petrolium (ICP) pada Maret dan April mencapai US$128,14 dan US$124,65 per barel. Sedangkan proyeksi realisasi ICP Mei, diperkirakan berada pada kisaran US$118-US$115 per barel.

Meski ICP cenderung turun, Rofyanto enggan berspekulasi soal kenaikan harga BBM bersubsidi pada tahun ini. Menurutnya, pemerintah masih memantau perkembangan harga ICP, karena meski turun, realisasi ICP relatif masih tinggi.

 

“Kan masih di atas US$110. Jadi kalau misalkan Juni US$115-an, masih bisa tercapai threshold-nya, terus tren harganya turun. Kalau bisa seperti itu kan bagus sekali.” (yus)

 

 

BERITA LAINNYA:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top