Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Naik Kereta Api di Medan, Tak Perlu Lagi Cetak Tiket

KAI Divre I Sumatra Utara resmi menerapkan face recognition boarding gate untuk boarding di Stasiun Medan.
Penumpang menggunakan teknologi pengenal wajah untuk memasuki Stasiun Medan./Dok. KAI
Penumpang menggunakan teknologi pengenal wajah untuk memasuki Stasiun Medan./Dok. KAI

Bisnis.com, MEDAN – PT KAI (Persero) Divisi Regional (Divre) I Sumatra Utara resmi menerapkan face recognition boarding gate atau validasi identitas melalui pemindaian wajah saat boarding di Stasiun Medan. Dengan penerapan ini, penumpang di Stasiun Medan tak perlu lagi mencetak tiket untuk dapat masuk ke area boarding.

Manager Humas KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin mengatakan, teknologi face recognition boarding gate telah resmi digunakan di Stasiun Medan sejak 14 September 2024. Layanan ini menjadi yang pertama di stasiun wilayah Pulau Sumatra.

Anwar menyebut penerapan teknologi face recognition boarding gate oleh PT KAI merupakan wujud komitmen perseroan untuk mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan di seluruh aspek operasionalnya. Melalui sistem ini, KAI secara otomatis akan menekan penggunaan tiket fisik berbahan kertas yang selama ini menjadi syarat masuk penumpang ke area boarding.

"Dengan mengurangi penggunaan kertas tiket, KAI Divre I Sumut turut serta dalam upaya mengurangi limbah dan mendukung tercapainya SDGs (Sustainable Development Goals, khususnya terkait dengan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10/2024).

Dengan penerapan ini, penumpang KA dari Stasiun Medan tak perlu lagi mencetak tiket. Sebagai gantinya, mereka yang telah memesan tiket kereta api cukup melakukan pemindaian wajah di gerbang boarding stasiun. Hasil pemindaian tersebut secara otomatis akan terhubung dengan data tiket elektronik yang telah dimiliki penumpang.

Sejak diresmikan pada 14 September hingga 21 Oktober 2024, KAI Divre I Sumut mencatat ada 5.888 penumpang yang telah menggunakan teknologi face recognition di Stasiun Medan.

Anwar mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah berencana memperluas penerapan sistem ini di stasiun lain. “Sehingga semakin banyak pelanggan yang dapat merasakan manfaatnya serta mendukung pelestarian lingkungan,” tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa KAI Divre I Sumut terus mengajak pelanggan kereta api untuk memanfaatkan teknologi ini guna mempercepat proses boarding serta mengurangi penggunaan tiket kertas.

Adapun agar dapat terdeteksi oleh sistem pemindai wajah di boarding gate, penumpang perlu mendaftar terlebih dahulu ke Stasiun Medan usai pemesanan tiket maupun melalui aplikasi Access milik KAI. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper