Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xiaomi Jadi Investor Terbesar di Batam, Investasi Capai Rp27,12 Triliun

Xiaomi Technology Indonesia menjadi penanaman modal asing (PMA) dengan nilai realisasi investasi terbesar di Batam
Plh Kepala BP Batam Purwiyanto (tengah) dan para pengusaha Batam saat acara BP Batam Investment Award 2024, Selasa (22/10/2024)/Bisnis-Rifki Setiawan Lubis
Plh Kepala BP Batam Purwiyanto (tengah) dan para pengusaha Batam saat acara BP Batam Investment Award 2024, Selasa (22/10/2024)/Bisnis-Rifki Setiawan Lubis

Bisnis.com, BATAM - Perusahaan asal Singapura, PT Xiaomi Technology Indonesia menjadi penanaman modal asing (PMA) dengan nilai realisasi investasi terbesar di Batam. Berdasarkan data yang dihimpun Badan Pengusahaan (BP) Batam sepanjang 2023-2024, pabrikan smartphone ini telah berinvestasi sebesar Rp27,12 triliun.

Hal tersebut terungkap saat acara Anugerah Investasi 2024 yang digelar BP Batam, Selasa (22/10/2024). 

Xiaomi pada Februari 2017, mengumumkan bahwa pihaknya menjalin kemitraan dengan PT Sat Nusapersada, di mana Xiaomi merakit smartphone 4G untuk kebutuhan dalam negeri di pabrik milik manufaktur lokal tersebut.

Batam dipilh menjadi basis produksi karena posisinya yang strategis di antara tiga negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Lokasinya yang berada di Selat Malaka juga menjadi pertimbangan strategis terkait alur logistik pengiriman barang.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiharso yang hadir melalui daring mengatakan, Batam hingga saat ini telah menjadi kota dengan pertumbuhan ekonomi dan investasi yang cukup pesat.

"Saat ini, Kota Batam tidak hanya menjadi kawasan investasi infrastruktur saja namun juga sudah menjadi investasi digital hingga data center yang hingga saat ini terus bertumbuh," tegasnya lagi. 

Menurut Susiwijono, posisi Batam yang strategis menjadi salah satu faktor utama hingga membuat kota ini menjadi tujuan investasi, baik skala nasional maupun internasional. Saat ini, pembangunan di Batam sudah sangat masif dengan banyaknya proyek-proyek baru, dan pengelolaannya dipercayakan kepada BP Batam. 

Ia juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Anugerah Investasi BP Batam 2024. "Semoga kegiatan ini dapat memberikan semangat berkarya, berusaha sekaligus menjadi inspirasi serta motivasi bagi stakeholder di seluruh Batam untuk sama-sama membangun Batam menjadi kawasan industri modern," jelasnya. 

Selain itu, BP Batam juga memberikan penghargaan kepada sejumlah kategori lainnya, mulai dari PMA dengan kepatuhan pelaporan penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) terbaik yakni PT Volex Indonesia (Amerika).

Selanjutnya, PMA dengan penyusunan certificate of origin (COO) terbesar yakni PT SMOE Indonesia (Singapura). PMA dengan nilai tingkat komponen dalam negeri tertinggi (TKDN) terbaik yakni PT Yokohama (Jepang). Nilai TKDN dari perusahaan ini mencapai 68,69%.

Setelah itu, penghargaan untuk perusahaan inklusif yang artinya menghargai dan mengakomodasi keberagaman kondisi fisik karyawan khususnya disabilitas yang jatuh pada PT Flextronics Technology Indonesia (Amerika). Perusahaan ini mempekerjakan sebanyak 34 karyawan disabilitas.

Penghargaan berikutnya, PMA dengan realisasi investasi terbesar di sektor shipyard jatuh pada PT United Sindo Perkasa (Singapura). Nilai investasi hingga semester I/2024 sebesar US$4.143,8.

Kemudian perusahaan dengan tenaga kerja terbanyak yakni PT McDermott Indonesia (Amerika). Total tenaga kerja hingga 2024 sebanyak 11.280 orang. Lalu, kawasan industri terbaru yang sangat diminati investor asing jatuh pada Kawasan Industri Tunas Prima yang dikelola oleh PT Prima Propertindo Utama.

BP Batam juga memberikan penghargaan terhadap dua tokoh inspiratif di Batam, yakni Tek Po atau Abi sebagai tokoh pengembangan kawasan wisata inovatif, serta Johannes Kennedy Aritonang, Bos Panbil Group sebagai tokoh inspirasi pengembangan Batam.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BP Batam Purwiyanto mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasikan pelaksanaan Anugerah Investasi 2024. Hal ini menandakan investasi di Batam terus tumbuh dan berkembang.

"Kami sangat bersyukur dan mengapresiasikan pelaksanaan ini, dan mengucapkan terima kasih kepada para investor yang sudah berinvestasi di Kota Batam hingga pencapaian Batam menyumbang hal penting dalam pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional," tegasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper