Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susul The Fed, Bank Sentral Hong Kong Pangkas Suku Bunga

Bank sentral Hong Kong, The Hong Kong Monetary Authority (HKMA), memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya sejak 2020.
Pemandangan gedung pencakar langit di Hong Kong/Bisnis-Annisa S. Rini
Pemandangan gedung pencakar langit di Hong Kong/Bisnis-Annisa S. Rini

Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral Hong Kong, The Hong Kong Monetary Authority (HKMA) memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya sejak 2020. Langkah HKMA mengikuti The Federal Reserve yang telah lebih dulu melonggarkan kebijakannya.

Mengutip Bloomberg pada Kamis (19/9/2024), kebijakan ini disebut sebagai langkah yang akan membantu melonggarkan persyaratan pinjaman di wilayah yang menjadi pusat finansial dunia tersebut.

HKMA menurunkan suku bunga sebesar setengah poin persentase atau 50 basis poin menjadi 5,25% pada Kamis dari level tertinggi sejak tahun 2007. Otoritas tersebut mengikuti langkah The Fed karena kota tersebut mematok mata uangnya terhadap greenback.

Hal ini mencerminkan langkah The Fed beberapa waktu yang lalu untuk memangkas suku bunga, meskipun Ketua Jerome Powell memperingatkan agar tidak berasumsi bahwa pengurangan setengah poin akan menentukan kecepatan yang akan dilanjutkan oleh para pengambil kebijakan. 

Meski begitu, para pedagang meningkatkan taruhan terhadap laju penurunan suku bunga AS di masa depan. Pasar kini memperkirakan penurunan suku bunga sebesar 70 basis poin lagi pada dua pertemuan tersisa tahun ini.

Pemangkasan di Hong Kong akan menjadi bantuan yang baik bagi dunia usaha dan konsumen, yang telah menghadapi biaya pinjaman yang tinggi selama bertahun-tahun.

Suku bunga yang tinggi juga menjadi salah satu hambatan terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi dan pasar real estat yang terkepung, di mana harga-harga properti telah jatuh ke level terendah sejak tahun 2016.

HSBC Holdings Plc, bank terbesar di Hong Kong, dan bank lain umumnya mengumumkan suku bunga pinjaman terbaik mereka sehari setelah keputusan suku bunga HKMA. Jika dipangkas, ini akan menjadi pelonggaran kebijakan pertama dari HSBC sejak 2019. 

Meskipun penurunan suku bunga The Fed merupakan awal dari siklus penurunan suku bunga global, langkah ini kemungkinan besar tidak akan memicu reaksi langsung di seluruh Asia, karena bank sentral di kawasan ini akan lebih fokus pada stabilitas keuangan dan risiko lainnya. 

Sementara itu, bank sentral Jepang, Bank of Japan, diperkirakan akan tidak akan mengubah suku bunga acuannya dalam pengumuman pada Jumat besok.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper