Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Anugrah Neo Energy Materials (ANEM) Groundbreaking Smelter Nikel di Morowali

PT Anugrah Neo Energy Materials (ANEM) melakukan groundbreaking proyek smelter nikel yang berlokasi di Kawasan Industri Neo Energy Morowali (NEMIE).
Salah satu pabrik pengolahan nikel di Kawasan Industri Morowali/imip.co.id
Salah satu pabrik pengolahan nikel di Kawasan Industri Morowali/imip.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Anugrah Neo Energy Materials (ANEM) melakukan peletakan batu pertama untuk proyek High-Pressure Acid Leaching (HPAL) yang berlokasi di Kawasan Industri Neo Energy Morowali (NEMIE).

Proyek ini bertujuan untuk merevolusi industri pengolahan nikel di Indonesia dengan memanfaatkan energi terbarukan, mendukung permintaan global yang terus meningkat akan solusi energi berkelanjutan, khususnya di sektor kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Komisaris Utama PT Anugrah Neo Energy Materials Joseph Hong mengatakan bahwa proyek smelter HPAL ANEM akan sepenuhnya menggunakan energi terbarukan, sejalan dengan upaya nasional dan global untuk mengurangi emisi karbon serta mempromosikan inisiatif energi hijau.

"Keputusan kami untuk sepenuhnya mengadopsi energi terbarukan merupakan bagian dari dedikasi kami terhadap masa depan yang lebih berkelanjutan. Kami bangga dapat mengambil langkah penting ini dalam transisi energi di Indonesia, terutama di industri penting seperti produksi nikel," kata Joseph dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (15/9/2024).

Selain dampak lingkungan, Joseph menyampaikan bahwa ANEM juga berfokus pada penciptaan manfaat bagi masyarakat lokal. Salah satunya dengan meluncurkan program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal di Morowali dalam industri ini. 

Inisiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) ANEM meliputi beasiswa pendidikan dan pelatihan teknis, dengan fokus pada pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang.

"Melalui program pelatihan lokal kami, kami memberdayakan masyarakat dengan keterampilan dan peluang yang dibutuhkan untuk membangun karier di sektor energi dan mineral," ujarnya.

Joseph mengharapkan proyek HPAL ini dapat beroperasi dalam 2 tahun dari sekarang guna memperkuat posisi Indonesia sebagai pemasok global utama nikel ramah lingkungan, terutama untuk produksi baterai kendaraan listrik. 

Seiring dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik, ANEM siap memasok produk nikel berkualitas tinggi dan berkelanjutan yang memenuhi standar internasional.

"Proyek kami akan memenuhi permintaan global yang terus meningkat akan nikel, terutama di pasar kendaraan listrik yang berkembang pesat. Kami sangat antusias untuk berkontribusi pada ekonomi hijau Indonesia dan meningkatkan posisinya di panggung global," ucap Joseph.

Groundbreaking smelter ANEM itu a.l. dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura. 

Dalam acara tersebut, Airlangga Hartarto menekankan pentingnya transisi menuju ekonomi hijau. Proyek smelter nikel ANEM diharapkan turut berkontribisi terhadap agenda besar itu. 

Penggunaan energi hijau untuk produksi nikel tidak hanya akan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar kendaraan listrik global, tetapi juga akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengurangan emisi karbon nasional.

"Proyek HPAL ini merupakan cerminan masa depan industri Indonesia, yang mendorong sektor lain untuk beralih ke energi hijau. Pemerintah berkomitmen penuh untuk mendukung investasi berkelanjutan melalui insentif regulasi dan kolaborasi antara sektor publik dan swasta," tutur Airlangga.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper