Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Perkirakan Penjualan Eceran Agustus 2024 Terkerek Momen HUT RI

Penjualan eceran pada Agustus 2024 diprediksi meningkat secara tahunan maupun bulanan, salah satunya terkerek momen HUT Republik Indonesia.
Pekerja melintas dekat logo Bank Indonesia di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pekerja melintas dekat logo Bank Indonesia di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memperkirakan kinerja penjualan eceran pada Agustus 2024 meningkat secara tahunan maupun bulanan, salah satunya terkerek momen Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. 

Asisten Gubernur BI sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan perkiraan penjualan eceran Agustus 2024 akan mencapai 215,9, tumbuh 5,8% dari periode yang sama tahun lalu atau year-on-year (YoY). Perkiraan tersebut pun lebih tinggi dari realisasi Juli 2024 yang tumbuh sebesar 4,5% Yoy. 

“Meningkatnya penjualan eceran didorong oleh mayoritas kelompok, tertinggi pada kelompok barang budaya dan rekreasi, diikuti bahan bakar kendaraan bermotor dan subkelompok sandang,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (10/9/2024). 

Secara berurutan, kelompok tersebut masing-masing tumbuh sebesar 2,8% YoY, 4,4% YoY, dan 5,9% YoY. 

Sementara secara bulanan atau month-to-month (MtM), penjualan eceran diperkirakan meningkat sebesar 1,6% setelah pada bulan sebelumnya mengalami kontraksi 7,2%. 

Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut diprakirakan terutama terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,5% MtM.

Kemudian peningkatan tipis pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi sebesar 0,1% MtM, serta perlengkapan rumah tangga lainnya didorong oleh peningkatan permintaan saat event HUT RI didukung penerapan strategi potongan harga oleh retailer yang tumbuh hingga 6,7%. 

Meski demikian, terdapat kelompok yang mengalami kontraksi pada Juli 2024 yakni Indeks Penjualan Riil (IPR) kelompok suku cadanga dan aksesoris sebesar -2,5% MtM. 

Adapun pada Juli 2024, kinerja penjualan eceran pada Juli 2024 meningkat sebesar 4,5% YoY. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tercatat sebesar 212,4, naik dari Juli 2023 yang berada di angka 203,3.

Secara perinci, kelompok makanan, minuman, dan tembakau mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,5% YoY dengan subkelompok sandang tumbuh 3,4%.

Sementara itu, kelompok suku cadang dan aksesori tumbuh 6,3% YoY serta bahan bakar kendaraan bermotor alias BBM tumbuh 1,7%. Erwin menuturkan bahwa pertumbuhan yang terjadi pada Juli ini tetap positif meskipun tidak setinggi pada bulan sebelumnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper