Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Harap Konferensi Iklim ISF 2024 Lahirkan Ide-ide Konkret

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) untuk kedua kalinya akan digelar pada 5-6 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai menghadiri acara Indonesia Net-Zero Summit 2023 yang digelar FPCI di Djakarta Theater, Sabtu (24/6/2023). JIBI/Ni Luh Anggela.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai menghadiri acara Indonesia Net-Zero Summit 2023 yang digelar FPCI di Djakarta Theater, Sabtu (24/6/2023). JIBI/Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali menggelar Indonesia International Sustainability Forum (ISF) untuk kedua kalinya pada 5-6 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan gelaran ISF 2024 dapat menghasilkan beberapa pemikiran baru yang dapat ditindaklanjuti.

“Kita mau membuat Indonesia International Sustainability Forum ini menjadi agenda tahunan, agenda tahunan yang kita harapkan akan bisa menghasilkan berbagai macam pemikiran yang dapat ditindaklanjuti,” kata Luhut dalam konferensi pers jelang ISF 2024, Kamis (29/8/2024).

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin mengatakan, gelaran ISF 2024 bakal menjadi acara sustainabilty atau berkelanjutan terbesar kedua se-Asia Pasifik.

“Dari sisi peserta akan menjadi acara sustainability atau climate relate nomor dua terbesar di Asia Pasifik setelah COP 29 di Azerbaijan,” ucap Rachmat.

Rachmat menyampaikan, sampai saat ini pihaknya mencatat peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti gelaran ISF 2024 telah lebih dari 8.000 orang dari 50 negara.

Dirinya menjelaskan, dalam perhelatan ISF 2024 akan dibagi menjadi beberapa kegiatan mulai dari pertemuan tingkat tinggi antarpimpinan negara di dunia, sesi tematik, dan pameran.

"Beberapa high level prenary yang kita siapkan kemudian ada 10 kemudian 15 tematik sesion dan ada 7 roundtables event dengan mencakup berbagai hal," ujarnya.

Adapun, ISF 2024 merupakan ajang resmi pemerintah Indonesia yang mengumpulkan para pemimpin dunia dari berbagai sektor dan negara untuk bertukar pikiran, menawarkan solusi, dan berbagi praktik terbaik dalam aksi iklim. Forum ini akan menyoroti lima pilar utama, yakni ekonomi hijau, transisi energi, konservasi alam dan keanekaragaman hayati, gaya hidup berkelanjutan, dan ekonomi kelautan.

Beberapa tokoh yang akan menjadi pembicara utama dalam ISF 2024, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean, Wakil Perdana Menteri Malaysia Fadillah Yusof, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kelautan Peter Thomson, Penasihat Khusus Aksi Iklim dari Kementerian Luar Negeri Prancis Kevin Magron, dan CEO of Bezos Earth Fund Andrew Steers.

ISF 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang akan diselenggarakan pada 5-6 September 2024 di Jakarta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper