Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentimen Konsumsi Kelas Menengah Tertahan Akibat TER hingga Harga Pangan

Konsumsi kelas menengah yang tertahan dan tercermin secara umum pada realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II/2024 yan
Suasana gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (26/6/2024). / Bisnis-Fanny Kusumawardhani
Suasana gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (26/6/2024). / Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Konsumsi kelas menengah yang tertahan dan tercermin secara umum pada realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II/2024 yang melambat disinyalir akibat sederet kebijakan pemerintah serta fluktuasi harga pangan.

Kepala Ekonom PT Bank Permata Tbk. (BNLI) Josua Pardede menyampaikan rentetan berbagai kebijakan pemerintah dari Tarif Efektif Rata-Rata (TER) PPh 21 individu yang disambung kenaikan harga pangan karena El Niño tentu menahan belanja masyarakat kelas menengah. 

"Wacana UKT Pendidikan, lalu juga Tapera. Sehingga ini tentunya mempengaruhi sentimen konsumen khususnya kelas menengah,” ujarnya dalam PIER Economic Review: Mid-Year 2024, Kamis (8/8/2024). 

Josua menyoroti pemerintah berlu berhati-hati dalam mengambil kebijakan ke depan. Mengingat masih terdapat rencana implementasi cukai plastik dan minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK). 

Untuk itu, insentif fiskal bagi masyarakat menjadi penting untuk menjaga daya beli. Seperti halnya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang ditanggung pemerintah (DTP) untuk perumahan. 

Konsumsi masyarakat menjadi penting karena ekonomi Indonesia bergantung pada konsumsi rumah tangga. 

Tercatat pada kuartal II/2024, konsumsi rumah tangga memiliki porsi sebesar 54,53% terdapat total pertumbuhan ekonomi. Sementara PMTB dan ekspor berkontribusi masing-masing sebesar 27,89% dan 21,40%. 

"Rencana kenaikan PPN 12% tahun depan ini bisa ditunda ataupun dikaji ulang. Insentif lainnya lagi saya pikir perpanjangan dari PPN DTP, misalkan untuk perumahan, saya pikir ini menjadi salah satu kebijakan yang bisa dipertimbangkan," lanjutnya. 

Pada kesempatan yang sama, Head of Industry & Regional Research PIER Adjie Harisandi menyampaikan pada dasarnya perubahan harga pangan cukup berkontribusi terhadap tren daya beli kelas menengah yang tertahan.

Pasalnya, kelas menengah yang tidak memiliki bantalan sosial, seperti halnya kelas bawah, harus menggunakan tabungannya untuk melakukan konsumsi. 

Adjie menjelaskan bahwa pemerintah perlu memastikan suplai dari bahan pangan agar tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan dan mempengaruhi belanja masyarakat kelas menengah. 

Pada tahun 2023, kelas menengah di Indonesia mencakup sekitar 52 juta jiwa dan mewakili 18,8% dari total populasi. 

"Kelas menengah ini cenderung masih terganggu dari akibat adanya peningkatan harga-harga pangan di awal tahun dan beberapa kebijakan yang mungkin sudah terjadi sehingga mengganggu kelas menengah," tuturnya.

Sentimen Konsumsi Kelas Menengah Tertahan Akibat TER hingga Harga Pangan


Penjelasan BPS soal Konsumsi Masyarakat Melambat

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan konsumsi tumah tangga tetap tumbuh positif dan meningkat pada kuartal II/2024 sebesar 4,93% (year-on-year/YoY) dari kuartal sebelumnya yang sebesar 4,91%.

Meski demikian, capaian ini tercatat melambat dari kuartal II/2023 maupun kuartal II/2022 yang tumbuh masing-masing sebesar 5,22% dan 5,52%.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh. Edy Mahmud menjelaskan perlambatan yang terjadi akibat konsumsi di beberapa subkelompok mengalami pelemahan.

"Nilai konsumsi lebih tinggi dari kuartal sebelumnya. Sementara sebagian komoditas seperti pakaian dan transportasi mengalami pertumbuhan yang tidak setinggi pertumbuhan tahun lalu," jelas Edy dalam konferensi pers, Senin (5/8/2024).

Hal ini, kata Edy, ditunjukkan oleh indikator Indeks Perdagangan Eceran Riil yang melambat dan penjualan wholesales sepeda motor yang turut melambat.

Selain itu, pada kuartal II tersebut juga terjadi pergeseran periode Ramadan dan Idulfitri yang mempengaruhi pola konsumsi.

Jika pada tahun sebelumnya Ramadan dan Idulfitri sebgaian besar terjadi pada kuartal II/2024, tahun ini justru konsumsi untuk Ramadan dan Idulfitri sebagian besar terjadi pada Maret 2024.

“Pergeseran momentum lebaran ada sedikit pengaruhnya terhadap konsumsi rumah tangga,” lanjutnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper