Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TikTok Buka Layanan Pesan Antar Makanan, Zulhas Angkat Bicara

Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) menanggapi TikTok yang membuka layanan pesan antar makanan di Indonesia. Begini responsnya.
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Platform social commerce asal China, TikTok, kini menyediakan layanan pesan antar makanan dan minuman. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan buka suara mengenai hal tersebut.

Mendag Zulhas menyebut, platform social commerce seperti TikTok diizinkan untuk melakukan kegiatan promosi. Sementara, untuk proses transaksi harus dilakukan di luar platform TikTok. 

“Ini kan platform digital bisa terima iklan, kalau iklan boleh tapi pembayarannya yang nggak boleh. Sama kayak Tokopedia kemarin bayarnya kan tetap di Tokopedia,” kata Zulhas kepada awak media di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jumat (19/7/2024).

Adapun, hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. 

Melalui beleid itu, pemerintah melarang social commerce memfasilitasi transaksi pembayaran pada sistem elektroniknya. Platform digital hanya dapat melakukan penawaran atau promosi barang dan/atau jasa.

Respons senada juga disampaikan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim. Dia menegaskan, TikTok sebagai social commerce tidak diizinkan untuk melakukan kegiatan transaksi pembayaran dalam platformnya.

“Jadi aplikasi yang media sosial, atau sosial commerce itu kan tetap nggak boleh transaksi. Yang boleh transaksi tetap yang e-commerce,” tegas Isy.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Jumat (19/7/2024) aplikasi TikTok tampak menampilkan sejumlah brand makanan dan minuman. Tak sekedar mengiklankan brand tersebut, pengguna juga dapat memesan makanan dan minuman langsung dari platform ini. 

Saat Bisnis mencoba untuk membeli salah satu brand minuman, pengguna langsung diarahkan pada akun TikTok brand tersebut. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengklik salah satu alamat gerai brand minuman yang tersedia dan keluar pilihan menu yang bisa dipilih.

Selanjutnya, klik Menu Pesan dan pengguna akan diarahkan pada halaman GoFood brand minuman tersebut. Pilih minuman yang akan dipesan lalu melakukan pembayaran.

Saat memasuki tahap ini, pengguna akan keluar dari laman TikTok dan pembayaran langsung diarahkan ke halaman layanan GoFood. Adapun tahapan pemesanan selanjutnya kurang lebih sama seperti layanan GoFood pada aplikasi Gojek.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper