Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IKN Disebut Belum Siap, Menhub Budi Karya Mengaku Pernah Nyenyak Bermalam

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membagi pengalaman bermalam di IKN. Tidur nyenyak dan bisa menghirup udara bersih.
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah isu belum siapnya infrastruktur dasar Ibu Kota Negara alias IKN, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengisahkan pengalaman bermalam di sana. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diselimuti udara yang bersih dan sejuk saat di malam hari. Bahkan, Budi juga mengaku dirinya dapat tidur nyenyak selama berada di IKN.

Pengalaman itu dibagikan Budi pasca dirinya selama dua hari sudah mulai berkantor dan bermalam di rumah kediaman di IKN sejak Jumat (12/7/2024).

“Di IKN, malam sangat sejuk, tidur terlelap, sangat nyenyak, udaranya bersih. Di pagi hari juga sangat menarik karena di Sumbu Kebangsaan itu ada tempat berjalan kaki yang mengelilingi beberapa tempat dan itu elevated,” ungkap Budi saat ditemui di kawasan LRT Harjamukti, Minggu (14/7/2024).

Budi mengatakan bahwa suasana di Sumbu Kebangsaan IKN dikelilingi dengan taman yang berada di kanan dan kiri, yang membuat suasana semakin menyenangkan.

“Kami berjalan dengan menyenangkan. Jalan pagi, ya, 5 kilo cukup, memberikan satu kombinasi kita bekerja dan juga berolahraga, sekaligus melakukan check-in terhadap titik-titik dari Sumbu Barat, Sumbu Timur, dan Sumbu Kebangsaan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Budi menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan selama melakukan kunjungan di IKN adalah untuk melaksanakan tugas tindak lanjut dari pembangunan bandara IKN.

Selama berdinas di IKN, Budi menyampaikan telah melakukan sejumlah rapat koordinasi dengan mengudang beberapa pemangku kepentingan (stakeholder) di rumah kediamannya di IKN.

Budi menambahkan bahwa Kepmenhub juga tengah mempersiapkan pembangunan infrastruktur Autonomous Rail Transit (ART) atau trem otonom. Rencananya, kata Budi, trainset ART akan tiba di IKN pada akhir bulan ini.

“Kami bersama-sama mempersiapkan line yang sudah dibuat, tentu dengan beberapa teknis seperti pembangunan markah dan sebagainya. Sejauh ini timetable dan aspek-aspek teknis sudah berjalan dengan baik,” tandasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper