Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenparekraf Gandeng Samuel Sekuritas, Perkuat Indeks Saham Parekraf

Menparekraf Sandiaga Uno berharap kerja sama dengan PT Samuel Sekuritas Indonesia dapat meningkatkan investasi di sektor parekraf hingga 25%.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di Kantor Samuel Sekuritas, Jakarta, Rabu (10/7/2024). BISNIS/ Ni Luh Anggela.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di Kantor Samuel Sekuritas, Jakarta, Rabu (10/7/2024). BISNIS/ Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT Samuel Sekuritas untuk pengembangan dan penguatan indeks saham di sektor parekraf.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) bisa meningkat pada tahun ini.

Sandiaha mengatakan investasi di sektor parekraf diharapkan bisa meningkat hingga 25% dari total nilai investasi di kuartal I/2024 yang mencapai US$943,40 juta (setara Rp15 triliun).

“Harapannya bisa menginisiasi investasi di atas 20%-25%, lebih tinggi dari angka yang telah kita raih sekarang,” kata Sandiaga kepada awak media di Kantor Samuel Sekuritas, Rabu (10/7/2024).

Selain itu, Sandiaga mengharapkan kerja sama ini dapat membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengakses pasar modal dengan skema penawaran umum perdana saham atau yang dikenal sebagai Initial Public Offering (IPO). 

Adapun, dalam sesi diskusi, Sandiaga sempat mengungkapkan bahwa sektor parekraf berkontribusi sebesar 8% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional. Sektor ini mencakup agen perjalanan, aplikasi, bioskop, film, hotel, kuliner, hingga periklanan.

Menurutnya dengan kebijakan yang tepat, sektor ini mampu berkontribusi terhadap PDB hingga 11% dalam 5-10 tahun ke depan. Misalnya, kata dia, dengan memberikan pelatihan yang tepat, mempersiapkan ekosistem, hingga bantuan permodalan.

Terkait permodalan, Sandiaga menyebut bahwa pihaknya telah mengajak institusi-institusi keuangan besar untuk melirik industri ini. 

“Saya lagi mengajak juga institusi-institusi keuangan besar, sehingga nanti bisa dibawa roadshow oleh Samuel untuk melihat industri ini,” ujarnya. 

Untuk diketahui, Kemenparekraf dan PT Samuel Sekuritas pada Rabu (10/7/2024) menandatangani nota kesepahaman dalam rangka pengembangan dan penguatan indeks saham di sektor parekraf. 

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati dan Direktur Utama PT Samuel Sekuritas Liem Hisdiyanto dan disaksikan secara langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

Kerja sama ini dilakukan sebagai acuan peningkatan investasi di sektor parekraf guna mendorong pertumbuhan nasional. Ruang lingkup kesepahaman bersama meliputi pembentukan daftar emiten pariwisata dan ekonomi kreatif, pembahasan emiten pariwisata dan ekonomi kreatif, peluang emiten pariwisata dan ekonomi kreatif di pasar modal, serta  kerja sama/kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper