Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Salim Mau Akuisisi Perusahaan Tambang Tembaga di Australia

Entitas Grup Salim, MACH Metals Australia Pty Ltd, berencana mengakuisisi perusahaan tambang tembaga dan emas Australia, Rex Minerals Limited.
Pengusaha Anthoni Salim, konglomerat pemilik Grup Salim/Bisnis
Pengusaha Anthoni Salim, konglomerat pemilik Grup Salim/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas Grup Salim, MACH Metals Australia Pty Ltd, mengajukan penawaran senilai AU$393 juta atau sekitar Rp4,31 triliun (asumsi kurs Rp10.969 per AU$) untuk mengakuisisi perusahaan tambang tembaga dan emas Australia, Rex Minerals Limited.

Pada 8 Juli 2024, Rex mengumumkan telah menandatangani scheme implementation deed (SID) dengan pemegang saham utama MACH, di mana MACH akan mengakuisisi seluruh saham Rex yang belum dimilikinya dengan harga AU$0,47 per saham secara tunai.

MACH saat ini telah mengempit 121.525.069 saham Rex yang setara dengan 15,8% dari ekuitas Rex yang diterbitkan.

Mengutip pengumuman Rex, Selasa (9/7/2024), harga penawaran MACH mengimplikasikan nilai ekuitas yang terdilusi penuh sebesar AU$393 juta dan mewakili premium 79% dari harga rata-rata tertimbang volume (VWAP) 30 hari.  

Transaksi tersebut masih menunggu persetujuan Badan Peninjau Penanaman Modal Asing (Foreign Investment Review Board) Australia dan persetujuan pemegang saham Rex. Rapat pemegang saham Rex direncanakan akan digelar pada Oktober 2024.  

Tawaran dari MACH diterima setelah Rex mencari mitra untuk mengembangkan Proyek Tembaga-Emas Hillside yang berlokasi di Yorke Peninsula, Australia Selatan. Pengembangan tambang tersebut membutuhkan pendanaan senilai AUS$854 juta.

“Jika mendapat persetujuan, kami berharap dapat bekerja sama dengan MACH hingga selesai dan menyaksikan mereka mengembangkan Proyek Hillside, proyek tembaga terbesar di Australia," ujar Chief Executive Officer dan Managing Director Rex Richard Laufmann.

Adapun, MACH Metals Australia Pty Ltd merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh MACH Australia Holdings Pty Ltd yang didirikan pada 2015 dan dimiliki sepenuhnya oleh Salim Group. 

Managing Director MACH Ferdian Purnamasidi menyampaikan antusiasmenya terkait akuisisi dan pengembangan Proyek Hillside yang sedang berlangsung.

"Kami sangat antusias untuk mengakuisisi dan melanjutkan pengembangan Proyek Hillside, yang sejalan dengan strategi kami untuk mendiversifikasi portofolio aset kami. Fokus kami yang kuat pada tembaga sangat penting bagi proses transisi energi," kata Ferdian. 

"Kami tetap berkomitmen untuk memajukan pekerjaan luar biasa yang dilakukan oleh Rex di Yorke Peninsula, termasuk mendukung tenaga kerja lokal dan masyarakat Yorke Peninsula yang lebih luas selama masa transisi kepemilikan," imbuhnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper