Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri ESDM Lobi CEO Eni Agar Pertamina Bisa Akuisisi PI di Geng North

Menteri ESDM meminta CEO Eni Claudio Descalzi untuk membuka pintu bagi Pertamina untuk mengakuisisi sebagian hak partisipasi di Geng North, Blok North Ganal.
Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan paparan saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan paparan saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta kepada Chief Executive Officer (CEO) Eni Claudio Descalzi untuk membuka pintu bagi PT Pertamina (Persero) untuk bisa mengakuisisi sebagian hak partisipasi atau participating interest (PI) di Geng North, Blok North Ganal.

Sumber Bisnis menceritakan, permintaan itu disampaikan Arifin saat melakukan lawatan ke kantor pusat Eni di Italia pada 21 Januari 2024 sampai dengan 24 Januari 2024 lalu. 

Ihwal peluang akuisisi di prospek Geng North, Blok North Ganal itu, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) enggan berkomentar banyak. 

Corporate Secretary Pertamina Hulu Energi Arya Dwi Paramita mengatakan perseroan masih berfokus pada peningkatan peforma perusahaan secara organik maupun anorganik. 

“Antara lain melalui partnership secara strategis dengan perusahaan-perusahaan energi lainnya yang dapat memberikan mutual benefit bagi para pihak,” kata Arya saat dikonfirmasi soal rencana akuisisi PI aset Eni tersebut, Selasa (2/7/2024). 

Sementara, Eni Spa enggan berkomentar ihwal isi pertemuan antara Arifin dan Descalzi di Italia saat itu. Termasuk soal permintaan Arifin agar Pertamina bisa masuk menghimpit sebagian saham Eni di Geng North, Blok North Ganal. 

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan pemerintah tidak menutup kemungkinan kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) yang ingin share down atau menjual sebagian PI mereka di suatu blok prospektif. 

“Pada prinsipnya pemerintah tidak menutup kemungkinan KKKS yang ingin share down, sepanjang memberikan nilai tambah dalam pengelolaan asset hulu migas Indonesia,” kata Jodi saat dihubungi, Selasa (2/7/2024). 

Jodi berharap penemuan gas baru di lepas pantai Kalimantan Timur dan laut dalam Andaman dapat segera dimonetisasi untuk mendukung transisi energi di dalam negeri. 

“Kemenko Marves sangat mengharapkan discovery gas yang baru ditemukan dapat segera dimonetisasi,” kata dia. 

Adapun, Eni melaporkan temuan potensi sumber daya 5,3 triliun kaki kubik (Tcf) gas dengan kandungan kondesat sekitar 400.000 barel minyak (Mbbls). 

Temuan itu dibor dengan kedalaman 5.025 meter pada kedalaman air 1.947 meter, melewati kolom gas setebal sekitar 50 meter di reservoir batu pasir miocene dengan sifat petrofisika yang baik. 

Uji produksi sumur telah berhasil dilakukan untuk penilaian menyeluruh atas penemuan gas, meskipun dibatasi oleh fasilitas pengujian, studi ini memungkinkan untuk memperkirakan kapasitas sumur hingga 80-100 MMscfd dan sekitar 5-6 kbbld kondensat.

Sebelumnya, Arifin telah menyetujui revisi rencana pengembangan atau plan of development (PoD) I Blok Indonesia Deepwater Development (IDD). 

Arifin menuturkan, persetujuan rencana pengembangan lapangan itu dilakukan dalam waktu singkat sejak kegiatan eksplorasi berhasil di sumur Geng North-1, Blok North Ganal, sekitar 85 kilometer lepas pantai Kalimantan Timur akhir 2023 lalu. 

Lewat persetujuan itu, Arifin mengatakan, rencana peningkatan produksi dari lapangan laut dalam yang saat ini dikelola raksasa migas asal Italia, Eni, itu efektif dikerjakan sampai dengan 2027 mendatang. 

“Sehingga upaya peningkatannya sudah bisa dilakukan sejak mulai disetujui PoD-nya berlanjut sampai dengan 2027,” kata Arifin saat rapat kerja (raker) dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (19/6/2024).  

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan perkiraan total investasi pengembangan Blok IDD garapanEni mencapai sekitar US$14,8 miliar atau setara dengan Rp239,02 triliun (asumsi kurs Rp16.150 per dolar AS).  

Perinciannya, total investasi untuk pengembangan Blok IDD bagian utara meliputi Gehem-Geng North mencapai sekitar US$11,4 miliar. miliar. Sementara, blok bagian selatan yang terdiri dari Gendalo-Gandang menelan investasi sekitar US$3,4 miliar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper