Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Lelang Jalan Tol IKN Bandara Sepinggan - Tol Balsam Rp3,8 Triliun

Kementerian PUPR mulai melelang proyek pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 1B yakni Segmen Bandara Sepinggan - Tol Balikpapan - Samarinda (Balsam).
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melelang proyek pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 1B yakni Segmen Bandara Sepinggan - Tol Balikpapan - Samarinda (Balsam). 

Mengutip informasi yang dibagikan dalam laman layanan pengadaan secara elektronik (LPSE), total nilai proyek jalan tol IKN 1B tersebut mencapai Rp3,8 triliun yang bakal bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Sesuai dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur membangun Jalan Tol Seksi 1B Bandara Sepinggan - Tol Balsam,” tulis Kementerian PUPR dalam dokumen lelang, dikutip Selasa (18/6/2024).

Jangka waktu keseluruhan pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut akan berlangsung selama 510 hari kalender. Dihitung sejak tanggal mulai kerja sebagaimana ditetapkan dalam Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) ke depan.

Adapun, jangka waktu pengerjaan tersebut meliputi penyelesaian pekerjaan kecuali pelaksanaan pemeliharaan kinerja jalan dan jembatan.

Sejalan dengan hal itu, Kementerian PUPR menetapkan jadwal lelang proyek Tol IKN Segmen 1B tersebut akan masuk tahap prakualifikasi pada 19 Juni 2024. Sementara itu, pengumuman hasil prakualifikasi akan jatuh pada 28 Juni 2024. 

Apabila proses lelang berjalan lancar, penetapan pemenang bakal dilakukan pada 19 Juli 2024 dan pengumuman pemenang dilakukan pada 25 Juli 2024, sedangkan penandatanganan kontrak bakal dilakukan pada 1 Agustus 2024.

Sebagai informasi, pembangunan jalan Tol IKN Nusantara yang sedang berjalan saat ini terdiri dari tiga seksi yakni Tol 3A Karang Joang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres pada awal Juni 2024 mencapai 77,59%, dan Tol 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km progres 86,09%. 

Kemudian Jalan Tol IKN Segmen 5A Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6.7 km saat ini progresnya tercatat mencapai 83,62%.

Nantinya, Jalan Tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 - Kariangau, sehingga untuk menuju KIPP masyarakat tidak perlu lagi menyusuri Tol Balsam hingga KM 33. Tol akses IKN ini juga ditargetkan dapat mulai fungsional pada Agustus 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper