Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Basuki Berharap Pejabat Definitif Otorita IKN Segera Ditetapkan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljo menyatakan Presiden akan memilih pejabat definitif Kepala Otorita IKN dalam waktu dekat.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri Sewindu PSN, di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (26/7/2023) - BISNIS/Ni Luh Angela
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri Sewindu PSN, di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (26/7/2023) - BISNIS/Ni Luh Angela

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua pimpinan Komisi V DPR RI, Lasarus memberikan selamat ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang baru saja ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan Lasarus saat membuka rapat kerja bersama Kementerian PUPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

"Kami ucapkan selamat pada Pak Menteri atas tugas barunya sbagai Plt OIKN semoga selalu amanah dan dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya," kata Lasarus dalam raker bersama Menteri PUPR, Rabu (6/6/2024).

Lasarus menyambut baik dipilihnya Menteri Basuki menjadi Plt Kepala Otorita IKN. Hal itu dipandangnya bakal mempermudah koordinasi pembangunan IKN.

Pasalnya, tambah Lasarus, Otorita IKN merupakan mitra kerja Komisi II DPR RI. Oleh karena itu, dengan dipilihnya Basuki sebagai Plt. Kepala OIKN disebut bakal mempermudah informasi yang didapat Komisi V selaku yang merumuskan anggaran bidang infrastruktur.

"Saya tahu tugas ini tidak mudah, tapi semakin mudah ketika langsung di bawah Pak Menteri, toh semua anggarannya di sini," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Menteri Basuki menyambut baik ucapan selamat yang disampaikan Lasarus.

Hanya saja, Basuki menekankan bahwa dirinya merupakan pejabat sementara saja di Otorita IKN. Nantinya, Presiden akan memilih pejabat definitif Kepala OIKN dalam waktu dekat.

"Terima kasih atas perhatiannya dan mohon dukungan atas penunjukan kami sebagai Plt. Saya Plt saja, Insya Allah akan cepat terpilih yang definitif," tegas Basuki.

Sebagai informasi, Menteri Basuki dan Raja Juli resmi dilantik sebagai Plt. pejabat tinggi OIKN pada Senin (3/4/2024). Keduanya dilantik sebagai pejabat sementara Otorita IKN usai Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mundur dari pengurus Otorita IKN.

Usai dilantik, Basuki sempat mengungkapkan arahan khusus yang disampaikan Presiden Jokowi.

"Kami berdua ditugasi untuk mempercepat pelaksanaan program tersebut [pembangunan IKN] sesuai dengan urban design sesuai dengan hasil sayembara lalu dengan konsep Negara Nusa Rimba," tuturnya dalam keterangan pers, Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut, Basuki mengungkap 2 prioritas utama yang akan dijalankannya selama menjabat sebagai Plt Kepala OIKN. Pertama, yakni melakukan penyelesaian terhadap permasalahan tanah dan investasi.

Kedua, Basuki juga mengungkap bahwa pihaknya akan segera mempersiapkan pelaksanaan Pemerintah Daerah Khusus (Pemdasus) sebagaimana telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper