Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT PII Gandeng InfraAsia, Genjot Aksesibilitas Investasi Asing

PT PII menilai kerja sama dengan InfraAsia bisa meningkatkan aksesibilitas investasi asing untuk pembangunan infrastruktur Indonesia.
Direktur Utama PT PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) M. Wahid Sutopo./ Dok. PII
Direktur Utama PT PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) M. Wahid Sutopo./ Dok. PII

Bisnis.com, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PII menjalin kolaborasi dengan Infrastructure Asia (InfraAsia) untuk mendukung pengembangan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

Adapun, PT PII dan InfraAsia melakukan kerja sama melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang meliputi Market Awareness serta konsultasi proyek dan fasilitas derisking.

Selain itu termasuk pengembangan kapasitas untuk pemerintahan khususnya pada proyek manajemen persampahan, supply air bersih dan/atau manajemen limbah air, infrastruktur urban dengan konsep rendah karbon atau sektor lainnya.

Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo menilai kolaborasi tersebut bisa meningkatkan aksesibilitas terhadap investasi luar negeri, global expertise, pembiayaan, dan dukungan lainnya.

“Dengan adanya kerja sama ini, PT PII dapat menguatkan posisinya sebagai PPP Hub di Indonesia, terutama bagi para investor dan finencier di Singapura dan wilayah sekitarnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur nasional yang berkelanjutan serta meningkatkan nilai tambah melalui investasi dan pembiayaan luar negeri” kata Sutopo dalam siaran pers, Rabu (5/6/2024).

Adapun, InfraAsia, merupakan institusi bagian dari Enterprise Singapore dan Monetary Authority of Singapore, yang memiliki misi mendukung pertumbuhan sosial dan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur yang bekerja sama dengan berbagai pihak baik pemerintah dan swasta di regional Singapura dan sekitarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif InfraAsia, Lavan Thiru, menyatakan bahwa MoU ini berperan penting bagi kemitraan strategis antara Singapura dan Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan infrastruktur di Singapura dan sekitarnya melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Menurutnya, upaya yang kohesif dan terkoordinasi antara sektor publik dan swasta sangat penting untuk mewujudkan tujuan infrastruktur berkelanjutan di Asia dan InfraAsia berkomitmen untuk mendorong lebih banyak inisiatif kolaboratif di wilayah ini.

“Kami sangat antusias bermitra dengan PT PII untuk memajukan pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia,” kata Lavan Thiru.

Adapun, kerja sama tersebut disepakati dalam Asia Infrastructure Forum 2024 di Suntec Singapore Convention & Exhibition Center, Singapura pada 4-5 Juni 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper