Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Bocorkan Percakapan Elon Musk dan Prabowo saat Bertemu di WWF Bali

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Bos SpaceX Elon Musk telah bertemu dengan Prabowo Subianto di sela-sela gelaran World Water Forum 2024.
CEO dan Pendiri SpaceX Elon Musk memberikan keynote speech saat pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). Dok Youtube Kominfo RI
CEO dan Pendiri SpaceX Elon Musk memberikan keynote speech saat pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). Dok Youtube Kominfo RI

Bisnis.com, DENPASAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk telah bertemu dengan Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029 Prabowo Subianto.

Pertemuan tersebut dilakukan di sela-sela gelaran World Water Forum (WWF) 2024 yang diselenggarakan di Bali.

"Pak Prabowo sudah bertemu juga dengan Elon Musk dan bicara banyak," kata Luhut dalam Konferensi Pers, Selasa (21/5/2024).

Luhut Pandjaitan mengungkapkan, usai melakukan pertemuan dengan Prabowo, Elon Musk sempat menyampaikan rasa kebahagiaannya. Atas dasar tersebut, Luhut optimistis hal itu bakal menjadi pondasi yang baik bagi kerja sama antara Indonesia dengan Elon Musk ke depan.

Selain itu, Luhut juga turut mengomentari keputusan Presiden Jokowi untuk memperkenalkan Prabowo di hadapan delegasi World Water Forum 2024.

Luhut menyebut, langkah yang diambil Presiden Jokowi tersebut merupakan hal yang luar biasa.

"Komentar yang saya terima mereka mengatakan suatu hal yang luar biasa. Saya pikir ini memberikan sinyal yang bagus pada market bahwa serah terima dan kontinuitas pembangunan kita itu akan bisa terjadi dengan baik," pungkasnya.

Untuk diketahui, di sela-sela gelaran WWF 2024, Elon Musk juga sempat bertemu dengan Presiden Jokowi pada Senin (20/5/2024). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mendorong sejumlah akselerasi transformasi digital hingga potensi pengembangan investasi di Indonesia.

Jokowi juga mengapresiasi Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara di forum tersebut dan membahas pentingnya pengelolaan air.

Presiden Ke-7 RI itu juga mengundang Musk untuk mengembangkan lebih lanjut investasinya di Indonesia, yang mencakup perusahaan-perusahaan seperti SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring.

"Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan Biro Sekretariat Presiden, Senin (20/5/2024).

Terkait dengan kerja sama Starlink yang telah berjalan, Kepala Negara berharap Starlink dapat bersinergi dengan penyedia internet di Indonesia untuk menyediakan akses internet yang terjangkau. 

Jokowi juga meminta Musk juga dapat mengutamakan perlindungan konsumen, memberikan harga yang lebih murah untuk penggunaan layanan publik termasuk di puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia.

Elon Musk, dalam tanggapannya, menyatakan kehormatannya bisa berpartisipasi dalam forum tersebut dan merasa senang bisa berada di Bali dan akan fokus terhadap permintaan dari Jokowi.

Dia menekankan bahwa kunjungannya ini juga menandakan minat yang tinggi dari investor global dalam ekonomi digital Indonesia, serta potensi kerja sama di masa depan yang akan mendukung infrastruktur digital di seluruh Tanah Air.

"Kami berharap dapat menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” ujar Musk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper