Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menperin: RI Impor 2,79 Juta Unit Ponsel, 85% Produk Apple

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat penting dalam menyerap produk dari Apple Inc.
Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.
Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat penting dalam menyerap produk dari Apple Inc. 

Buktinya, Agus Gumiwang menyebut pada 2022 Indonesia mengimpor 2,79 juta unit ponsel pintar atau smartphone. Dari total tersebut, 85% di antaranya merupakan produk dari Apple.

"Dari 2,79 juta unit itu boleh saya sampaikan 85% adalah Apple product," kata Agus kepada wartawan di Istana Merdeka, Rabu (17/4/2024).

Meski begitu, dia mengatakan Indonesia ingin produk Apple lebih banyak menggunakan komponen dalam negeri lewat investasi di Indonesia. Dia mengatakan salah satu investasi Apple ialah pendidikan bagi calon pengembang Apple.

"Apple ini salah satu pendekatan yang sangat unik yang kita ambil untuk menghitung TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Itu berdasarkan investasi dan investasi mereka itu adalah di dalam membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer namanya Apple Developer Academy," ujar Agus.

Menperin juga mendorong komitmen dari Apple Inc. untuk membangun pabrik di Indonesia. Pasalnya, industri di Indonesia sudah memiliki ekosistem komponen handphone yang lengkap.

"Itu [komitmen membangun pabrik] juga yang ingin kami dorong. Bahwa sebetulnya komponen-komponen handphone itu sudah siap ada di Indonesia. Baterainya kabelnya dan lain-lain, itu kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Di sisi lain, CEO Apple Inc. Tim Cook menyampaikan pandangannya terhadap Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). 

Tim Cook mengaku sangat mencintai suasana Indonesia. Khususnya, terkait dengan sentimen pasar terhadap produk mereka. 

Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Istana Negara, Rabu (17/4/2024).

“Saya senang berada di Indonesia. Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami, dan saya berbicara baik dengan Presiden mengenai komitmen kami terhadap negara ini,” ujar Tim Cook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper