Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik, 15.000 Pemudik Kembali ke Jakarta via Stasiun Gambir

KAI mencatat sebanyak 15.000 pemudik kembali ke Jakarta via Stasiun Gambir pada puncak arus balik, Senin 15 April 2024.
Pemudik dengan angkutan kereta api mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta pada arus mudik Lebaran 2024, Sabtu (6/4/2024) - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa	.
Pemudik dengan angkutan kereta api mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta pada arus mudik Lebaran 2024, Sabtu (6/4/2024) - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa .

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sebanyak 15.000 pemudik kembali ke Jakarta via Stasiun Gambir pada puncak arus balik Lebaran, Senin 15 April 2024.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyebut secara total terdapat 47.613 penumpang yang tiba di stasiun area Daop 1 Jakarta pada hari ini.

Secara terperinci, sebanyak 15.000 penumpang di antaranya turun di Stasiun Gambir, 18.500 penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen, 5.600 penumpang turun di Stasiun Bekasi, 4.650 penumpang turun di Stasiun Jatinegara.

"Sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal," kata Ixfan dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Dia membeberkan, mayoritas penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang.

Sementara untuk keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir hari ini diperkirakan sekitar 12.500 orang dengan jumlah kereta api yang beroperasi sebanyak 41 unit.

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan, berdasarkan data KAI per Senin 15 April 2024 sekitar 750.000 tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual selama periode angkutan lebaran. Adapun tingkat okupansi tertinggi tercatat pada tanggal keberangkatan 4 April hingga 10 April 2024.

Sejumlah kota tujuan terfavorit selama periode angkutan lebaran antara lain Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Senin 15 April 2024, keramaian penumpang kereta di Stasiun Gambir terjadi pada pintu keberangkatan. Antrean mesin check-in tiket terjadi di sekitar ruang tunggu keberangkatan kereta.

Tenant-tenant franchise dalam kawasan Stasiun Gambir pun dipadati oleh penumpang yang menunggu waktu keberangkatan maupun yang baru tiba dari perjalanan.

Para pemudik terlihat banyak membawa barang bawaan mulai dari tas ransel, koper hingga kardus oleh-oleh. Namun, untuk situasi lalu lintas di sekitar Stasiun Gambir terpantau longgar.

Putri, seorang penumpang yang akan melakukan keberangkatan dengan kereta Brawijaya dari Stasiun Gambir mengatakan akan kembali ke daerah Malang untuk bekerja. Dia mengatakan tahun ini dirinya berlebaran di rumah mertuanya di Jakarta Timur.

"Hari ini balik ke Yogya karena kerjaan di sana," ujarnya saat ditemui di Stasiun Gambir, Senin (15/4/2024).

Sebaliknya, Arif seorang penumpang yang tiba Stasiun Gambir mengaku baru balik dari kampung halamannya di Semarang. Dirinya memang membeli tiket kembali ke Jakarta pada hari ini karena merupakan hari terakhir cuti bersama lebaran.

"Hari ini terakhir, besok mulai kerja," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper