Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecelakaan Maut Tol Cikampek KM 58, Menhub: Bukan Gara-Gara Contraflow

Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan kecelakaan maut di Tol Jakarta-Cikampek bukan disebabkan kebijakan rekayasa lalu lintas contraflow.
Kondisi mobil yang terbakar dalam kecelakaan di KM 58 jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA/Ali Khumaini)
Kondisi mobil yang terbakar dalam kecelakaan di KM 58 jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA/Ali Khumaini)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi angkat bicara terkait kecelakaan maut yang terjadi di KM 58+600 arah Jakarta ruas Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada Senin (8/4/2024) pukul 07.04 WIB.

Menhub Budi Karya memastikan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan satu arah akan tetap diterapkan pada arus mudik Lebaran. Dia menuturkan, Kebijakan rekayasa lalu lintas tersebut tidak dapat dijadikan faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

Pasalnya, kebijakan-kebijakan tersebut sudah didiskusikan penerapannya sejak jauh hari dan dilakukan sesuai dengan proyeksi pergerakan lalu lintas yang ada.

"Kejadian itu tidak membuat contraflow dan one way itu berubah. Tinggal kita ingatkan pada masyarakat yang namanya contraflow jangan ke kanan ke kiri," kata Budi Karya kepada di Gedung Kemenhub, Jakarta pada Senin (8/4/2024).

Dia menambahkan, Kebijakan seperti contraflow atau one way memang memiliki risiko tersendiri. Namun, pihaknya akan selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan memperhatikan kondisi jalan saat melakukan perjalanan.

Menhub juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memaksakan diri saat kelelahan. Pengemudi dapat menepi di tempat peristirahatan (rest area) jika merasa kelelahan atau mengantuk.

"Jangan lupa untuk selalau mendengarkan instruksi ataupun aturan-aturan atau yang akan dijalankan oleh kepolisian," ujar Budi.

Sementara itu, proses evakuasi kecelakaan maut yang melibatkan 3 kendaraan di jalur Contraflow Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 58 + 600 pada Senin (8/4/2024) telah selesai dilakukan. 

Berdasarkan pantauan CCTV melalui aplikasi Travoy, saat ini kondisi lalu lintas di sekitar KM 58 Jalan Tol Japek terpantau telah kembali lancar. Tak hanya itu, lalu lintas di sekitar tempat istirahat pelayanan (TIP) atau rest area di KM 57A juga tidak terlihat kepadatan. 

Seiring dengan hal itu, Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol, Amri Sanusi, menuturkan pascapenanganan yang rampung pada 10.35 WIB, pihaknya memberlakukan kembali buka tutup contraflow di sepanjang Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper