Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Bandara Soekarno-Hatta Macet, PUPR Rombak Tol Sedyatmo

Kementerian PUPR bakal merombak Tol Sedyatmo untuk mencegah kemacetan terjadi dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta.
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bakal merombak Jalan Tol Sedyatmo untuk mencegah banjir yang berisiko membuat arah Bandara Soekarno-Hatta macet saat momen mudik Lebaran 2024.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian PUPR, Wahyu Supriyo Winurseto, menuturkan upaya tersebut dilakukan usai Tol Sedyatmo sempat tergenang air pada Jumat (22/3/2024).

"Terkait kemarin dengan adanya genangan air cukup tinggi di Tol Sedyatmo, kami sudah melakukan rapat koordinasi dari seluruh stakeholders yang berkepentingan untuk memberikan solusi penanganan di banjir Tol Sedyatmo," jelas Wahyu saat ditemui di sela-sela kunjungannya ke Cilegon, Banten, dikutip Rabu (27/3/2024).

Salah satu upaya yang bakal dilakukan yakni melakukan pengerukan sedimen long storage yang ada di sepanjang Tol Sedyatmo.

Di samping itu, Wahyu juga menjelaskan bahwa pihaknya mendapat arahan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melakukan perbaikan serta penggantian pompa air guna mengantisipasi kembali terjadinya hal serupa saat momen mudik Lebaran 2024.

"Kemarin Pak Menteri juga berpesan ada penggantian pompa serta nantinya akan dilakukan kajian hidrologi secara menyeluruh," tambahnya.

Pasalnya, salah satu penyebab terjadinya genangan air di Tol Sedyatmo pada akhir pekan lalu diyakini karena curah hujan yang dinilai ekstrem.

Wahyu menuturkan, umumnya curah hujan di sekitar area Banten tersebut hanya sebesar 80 milimeter (mm). Namun, saat kejadian curah hujannya meroket lebih dua kali lipat.

"Itu kejadian yang memang bisa dikatakan curah hujan yg cukup ekstrem karena biasanya 80 mm kemarin mencapai 200 mm curah hujannya. Jadi memang cukup tinggi dan ada beberapa kendala," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper