Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Rampungkan Proyek Jalan Akses Pelabuhan Ciwandan Jelang Lebaran

Kementerian PUPR menyelesaikan pengerjaan Inpres Jalan Daerah (IJD) Jalur Lingkar Selatan ruas Aat - Rusli yang menjadi jalan akses Pelabuhan Ciwandan.
Pelabuhan Ciwandan - BISNIS
Pelabuhan Ciwandan - BISNIS

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut pengerjaan Inpres Jalan Daerah (IJD) Jalur Lingkar Selatan (JLS) ruas Aat - Rusli rampung dilakukan.

Kepala Balai Besar Jalan Nasional Provinsi Banten Kementerian PUPR, Wahyu Supriyo Winurseto, menuturkan ruas Aat - Rusli merupakan jalur utama menuju Pelabuhan Ciwandan.

"Menyambut arus mudik lebaran nanti karena ini [jalur Aat - Rusli] merupakan jalur utama menuju salah satu pelabuhan yaitu Pelabuhan Ciwandan yang nantinya akan dioperasikan untuk kendaraan motor roda dua," kata Wahyu saat melakukan tinjauan ke Jalan Aat - Rusli, Cilegon, Banten, Selasa (26/3/2024).

Wahyu menuturkan, penyelesaian Inpres Jalan Daerah Aat - Rusli menelan anggaran mencapai Rp92 miliar yang mencakup lima lingkup pekerjaan utama. 

Di antaranya yakni rekonstruksi rigid di sepanjang 4,74 kilometer (km) jalan, pengerjaan rehabilitasi mayor, penanganan trotoar pejalan kaki dan penanganan drainase.

Di samping itu, paket pengerjaan IJD Aat - Rusli juga mencakup proses perbaikan jembatan sepanjang 234,4 meter dari total jembatan yang harus direhabilitasi sepanjang 473 meter.

"Setelah dilakukan perbaikan, Alhamdulillah saat ini sudah cukup mantap dan siap digunakan untuk arus mudik Lebaran 2024," ujar Wahyu.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menjelaskan secara keseluruhan anggaran penanganan JLS Cilegon yang dikucurkan pemerintah melalui IJD tahun 2023 sebesar Rp112 miliar.

Kemudian, pada tahun ini anggaran IJD tahap 2 JLS Cilegon akan turun sebesar Rp67 miliar. Nantinya, implementasi IJD JLS Cilegon secara keseluruhan dapat rampung pada 2025.

Helldy menuturkan, pihaknya memproyeksi setidaknya ada kenaikan sebanyak 70 juta pemudik yang bakal melintasi area penyeberangan di Banten. Di mana, angkanya diprediksi tembus 193,6 juta pemudik.

"Otomatis ini berpengaruh pada kenaikan arus mudik ke arah Sumatra, oleh karena itu hari ini kita bisa lihat jalur yang di sana [Aat - Rusli] kita bisa siapkan untuk nanti dilalui pemudik menuju Pelabuhan Ciwandan," ujar Helldy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper