Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Cipali Rawan Macet saat Mudik Lebaran, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Astra Infra tengah melakukan upaya peningkatan layanan di sejumlah jalan tol, termasuk Tol Cipali dalam menyambut mudik Lebaran 2024.
Foto udara kondisi arus lalu lintas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 154 saat one way diberlakukan di kawasan Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (20/4)/Bisnis-Rachman
Foto udara kondisi arus lalu lintas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 154 saat one way diberlakukan di kawasan Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (20/4)/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Astra Infra tengah melakukan upaya peningkatan layanan di sejumlah jalan tol miliknya, khususnya dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2024.

Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar menuturkan, Jalan Tol Cipali menjadi salah satu yang telah dilakukan koordinasi persiapan. Pasalnya, jalan tol ini diprediksi rawan macet karena menjadi titik pertemuan antara Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Dia menyebut, pihaknya melalui Astra Infra Tollroad Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) telah melakukan rapat tactical floor game (TFG) bersama Polda Jabar dan Polres Wilayah pada Rabu, (21/2/2024) untuk mendiskusikan penanganan rekayasa lalu lintas di berbagai titik di Ruas Tol Cipali.

"Sedangkan dari sisi sarana dan prasarana, telah disiapkan 5.000 rubbercone untuk menunjang pelaksanaan rekayasa lalu lintas berupa one way maupun contra flow yang direncanakan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Direktur Jenderal Bina Marga yang nantinya akan dilakukan sesuai diskresi kepolisian," jelas Billy melalui siaran pers, Minggu (24/3/2024).

Siaga peningkatan pelayanan tak hanya dilakukan pada ruas Tol Cipali saja, melainkan pada sejumlah tol milik Astra Infra lainnya. Billy menyebut, upaya peningkatan tersebut dilakukan melalui peningkatan kesiapan kondisi jalan, kesiapan rest area, serta kesiapan pengaturan lalu lintas. 

“Saat ini kami secara intensif terus melakukan persiapan dalam rangka mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik lebaran tahun ini.” tambahnya.

Dia menjelaskan, persiapan jalan tol jelang Lebaran turut dilakukan pada ruas Tangerang-Merak. Astra Infra Tollroad Tangerang - Merak telah melakukan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak. 

Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portable di rest area dan jalur, peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, serta peningkatan penyebaran layanan informasi publik. 

Selanjutnya, persiapan turut dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, yang dilakukan dengan menyiapkan 12 mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol. 

Adapun, untuk pengguna kendaraan listrik, telah disiapkan fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik ultra fast charging secara gratis di rest area Teras Melati KM 695A. 

"Tidak hanya itu, dilakukan juga koordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim untuk melakukan antisipasi lonjakan arus lalu lintas di beberapa titik rawan kepadatan," pungkasnya.

Astra Infra turut mengimbau pengguna jalan untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. 

Guna mengurangi risiko kecelakaan selama mudik Lebaran 2024, dalam kondisi cuaca hujan, Astra Infra mengimbau pengguna jalan untuk menjaga batas kecepatan maksimal 70 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper