Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Produk Terlaris di Lazada Selama Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan, masyarakat memilih belanja online untuk membeli kebutuhan pokok.
Pengunjung memilih minyak goreng kemasan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (31/7/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pengunjung memilih minyak goreng kemasan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (31/7/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Minyak goreng dan gula menjadi produk yang paling banyak diburu oleh masyarakat selama bulan Ramadan di Lazada.

Mayoritas masyarakat yang berbelanja pada bulan Ramadan setiap tahunnya adalah perempuan. Sebab, lebih banyak perempuan yang berbondong-bondong mencari kebutuhan rumah tangga tanpa harus ke luar rumah.

Amelia Tediarjo, SVP Campaigns, Traffic, and Onsite Marketing Lazada mengatakan bahwa selama bulan Ramadan, penjualan kebutuhan rumah tangga naik hingga 90%. Dia mengungkapkan saat bulan Ramadan beberapa produk rumah tangga sangat sulit dicari atau terkesan langka di pasar, sehingga masyarakat lebih memilih belanja online.

Simak 4 produk kebutuhan rumah tangga yang paling laris saat bulan Ramadan:

1. Minyak Goreng

Bulan Ramadan di Indonesia sangat identik dengan hidangan takjil yang sangat beragam. Minyak goreng mempunyai peran penting dalam proses pembuatannya, banyak hidangan Indonesia khususnya takjil yang digoreng menggunakan minyak, seperti risol, bakwan, dan tahu. 

Dilansir dari holyjoeshalalmeats.com, Kamis (14/3/2024), minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok. Ketika bulan Ramadan minyak sangat diburu oleh masyarakat, banyak dari mereka yang membeli dengan jumlah yang sangat banyak.   

2. Gula

Ketika bulan Ramadan kebiasaan konsumsi gula akan berbeda dibanding bulan lainnya. Saat puasa orang akan cenderung mengonsumsi minuman manis saat berbuka agar mendapatkan energinya kembali.

Saat buka puasa masyarakat Indonesia banyak yang mengonsumsi teh. Teh yang biasanya dikonsumsi yakni teh manis hangat, oleh sebab itu gula menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari ketika bulan Ramadan.

3. Sabun

Sabun cuci piring dan sabun mandi menjadi kebutuhan yang dicari ketika bulan Ramadan. Banyak produk yang bersaing dengan meluncurkan beberapa promo saat bulan Ramadan.

Dia menambahkan kebutuhan rumah tangga yang sangat dicari ketika bulan Ramadan, salah satunya sabun. Sabun yang dicari juga sangat beragam mulai dari sabun mandi hingga sabun untuk cuci piring.

4. Kurma

Kurma menjadi makanan yang Bulan Ramadan sangat identik dengan buah kurma. Buah ini biasanya disajikan sebagai hidangan untuk berbuka dan sahur.

Saat Ramadan penjualan kurma meningkat dibandingkan bulan lainnya. Pada Januari 2023 Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan yakni impor kurma ke Indonesia sebesar 13.230 ton atau melonjak 125,8 persen dibanding bulan sebelumnya.

Bukan hanya produk kebutuhan pokok rumah tangga saja yang terlaris saat bulan Ramadan. Kebutuhan sandang yakni pakaian juga sangat diburu, para umat islam akan membeli beberapa pakaian untuk menunjang penampilannya saat hari raya lebaran.

Dia mengatakan pada awal atau sebelum puasa peningkatan penjualan berada pada kebutuhan pokok rumah tangga. Namun, ketika memasuki pertengahan bulan Ramadan peningkatan penjualan beralih ke produk fesyen muslim.

Produk fesyen yang diburu umat muslim sangat beragam mulai dari untuk kebutuhan ibadah atau kebutuhan hari raya. Produk yang sangat laris saat bulan Ramadan yakni mukena, baju koko, gamis, hijab, baju muslim anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper