Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Mulai Rampcheck Kapal Motor Jelang Mudik Lebaran

Kemenhub mulai melakukan inspeksi keselamatan kapal motor penumpang jelang mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi - KMP Permata Lestari V/Bisnis-youtube
Ilustrasi - KMP Permata Lestari V/Bisnis-youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melakukan inspeksi keselamatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) di sejumlah pelabuhan penyeberangan jelang angkutan mudik Lebaran 2024.

Adapun, inspeksi tersebut salah satunya dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Gorontalo untuk memastikan kelancaran dan keselamatan penumpang saat mudik.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Gorontalo, Dominggus menyiapkan dua kapal yang akan beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo yakni Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Moinit dan KMP Tuna Tomini. Selain itu, telah disiapkan juga satu kapal di Pelabuhan Penyeberangan Marisa yaitu KMP Cengkih Afo.

"Ketiganya telah dilakukan rampcheck kemudian dinyatakan lulus uji kelaikan dan siap beroperasi pada momen angkutan lebaran tahun ini," katanya dalam siaran pers, Kamis (7/3/2024).

Dia menuturkan hasilnya sudah sesuai standar dan dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Adapun, pemeriksaan kapal meliputi pemeriksaan keselamatan penumpang, baik dari tempat tidur penumpang, life jacket, life buoy, peralatan P3K dan alat penunjang keselamatan penumpang lainnya.

Menurutnya, inspeksi keselamatan atau rampcheck sangat penting untuk dilakukan dan bertujuan untuk mengecek kelaikan kapal dalam melakukan pelayaran selama angkutan lebaran 2024 demi terciptanya keselamatan.

Dia menjelaskan kapasitas penumpang yang dapat diangkut oleh KMP Moinit berjumlah 196 penumpang beserta kendaraan roda dua dan roda empat, sedangkan untuk KMP Tuna Tomini dan KMP Cengkeh Afo masing-masing dapat mengangkut sebanyak 220 penumpang dan kendaraan. Hal ini berdasarkan Sertifikat Keselamatan Kapal Penumpang (SKKP).

“Saya berharap, angkutan lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan aman, sehingga pelayanan kepada pengguna jasa dapat dimaksimalkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper