Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Namanya Masuk Bursa Calon Menkeu Prabowo, Wamen BUMN Tiko Buka Suara

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko buka suara terkait kabar dirinya masuk dalam bursa calon menteri keuangan (Menkeu) Prabowo Subianto.
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo/Bisnis-Nurul Hidayat
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo/Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo buka suara terkait kabar dirinya yang masuk dalam bursa nama calon menteri keuangan (Menkeu) pengganti Sri Mulyani Indrawati. 

Wamen BUMN yang akrab disapa Tiko ini menjadi salah satu dari total empat calon menteri keuangan Prabowo Subianto.

Nama-nama lain adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Royke Tumilaar.

Terkait kabar tersebut, Tiko yang juga merupakan mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) ini tidak berkomentar banyak. Dirinya hanya tertawa lepas saat ditanyakan awak media terkait hal itu.

Tiko mengatakan belum ada pembicaraan terkait posisinya sebagai pengganti Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rampung pada Oktober 2024.

“Belum, belum. Itu belum ada [pembicaraan],” kata Tiko saat ditemui pada acara Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta pada Selasa (5/3/2024).

Dirinya juga berbicara terkait pesan yang dilayangkan kepadanya oleh calon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait menjaga keuangan negara. 

Tiko menuturkan, instruksi tersebut tidak hanya diarahkan kepada dirinya, melainkan juga ke pihak-pihak lain yang menghadiri acara tersebut, yaitu Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) Darmawan Junaidi, Komisaris BMRI Chatib Basri, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

“Itu generik [umum] saja,” ujarnya sambil tertawa.

Adapun, pada pagi tadi sesaat sebelum Prabowo masuk ke mobil dan meninggalkan lokasi acara, dirinya memberikan selamat secara berurutan kepada nama-nama tersebut untuk menjaga keuangan Tanah Air.  

Dirinya memberikan selamat kepada Bos Mandiri Darmawan, kemudian Chatib Basri. Tepat saat Prabowo menjabat tangan Tiko, dirinya tidak memberikan selamat, tapi berucap untuk menjaga keuangan negara sambil melihat Darmawan dan Chatib dan melanjutkan menjabat tangan Erick Thohir.    

“Pak Darmawan selamat ya [untuk acara MIF], Pak Chatib selamat ya. Pertahankan prestasi, jaga uang Republik, makasih Mas Erick,” ujar Prabowo usai menghadiri Mandiri Investment Forum (MIF) di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper