Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Klaim Harga Beras Sudah Turun: Coba Dicek Langsung!

Presiden Jokowi optimistis harga beras di seluruh wilayah Indonesia bakal turun menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.
Presiden Jokowi saat meninjau ketersediaan stok beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Kamis (15/2/2024) - Dok. BPMI Setpres
Presiden Jokowi saat meninjau ketersediaan stok beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Kamis (15/2/2024) - Dok. BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim harga beras sudah mengalami penurunan di beberapa wilayah. Dia optimistis harga beras di seluruh wilayah Indonesia bakal turun menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.

Jokowi menyebutkan bahwa harga beras di sejumlah pasar sudah mulai mengalami penurunan seperti di Pasar Induk Cipinang atau Pasar Johar, tetapi hal tersebut belum merepresentasikan harga di seluruh Tanah Air.

Oleh sebab itu, Jokowi pun meminta agar setiap pihak turut mengawal harga beras untuk memastikan adanya penurunan menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini.

“Dilihat di lapangan sudah turun. Namun, memang itu tidak merepresentasikan harga-harga di seluruh Tanah Air. Di beberapa provinsi. Coba dicek semua. Dicek langsung jangan ditanya ke saya, meski saya tahu, tiap hari itu harga naik turun saya tahu. Jangan terus ditanyakan ke saya, cek ke lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana,” kata Jokowi saat melakukan konferensi pers di Lanud Halim Perdana Kusuma, Senin (4/2/2023).

Jokowi menekankan bahwa pemerintah akan terus melakukan peninjauan terkait stok beras dan stok pangan lainnya menjelang Ramadan dan Lebaran.

"Ini mau lebaran, persiapan-persiapan, ketersediaan utamanya bahan pokok menjadi sangat penting. Untuk beras saya kira stoknya nggak masalah, bahan-bahan lainnya saya akan lihat di lapangan," ujarnya.

Jokowi mengatakan panen raya diharapkan dapat mereduksi harga komoditas beras. Adapun, panen raya diprediksi terjadi pada Maret—April 2024 ini. 

“Diharapkan karena panen raya ini akan dilakukan di lapangan. Segera panen raya dalam satu bulan ke depan akan terjadi sehingga saya kira harga itu akan turun banyak,” ucap Jokowi.

Selain itu, Kepala Negara juga mengatakan bahwa optimisme harga beras perlahan menurun seiring dengan gabah yang mulai terkoreksi. Saat ini, harga gabah kering panen (GKP) rata-rata nasional sebesar Rp 7.040 per kg dari sebelumnya di atas Rp 8.000 per kg. 

“Gabah juga saya dapat informasi di lapangan sudah turun, tapi jangan drastis karena petani juga perlu diberikan ruang keuntungan,” katanya

Sekadar informasi, mayoritas harga pangan mengalami kenaikan menjelang Ramadan. Kenaikan harga terjadi pada komoditas beras, kedelai biji kering, bawang, daging sapi, hingga minyak goreng secara rata-rata nasional per Senin (4/3/2024).

Melansir data Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), Senin (4/3/2024) pukul 07.13 WIB, harga beras premium di tingkat pedagang terus bergerak menjauhi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp13.900-Rp14.800 per kilogram untuk beras premium. Pagi ini, harga beras premium naik 2,67% menjadi Rp16.900 per kilogram. 

Adapun, harga beras medium turun tipis sebesar 1,04% pagi ini, menjadi Rp14.220 per kilogram. Kendati begitu, harga beras medium masih di atas HET yakni Rp10.900-Rp11.800 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper