Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disebut Bakal Dilantik Jadi Menteri ATR, Segini Kekayaan AHY

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan bakal dilantik Jokowi menjadi Menteri ATR/Kepala BPN besok, Rabu (21/2/2024). Lantas, berapa total kekayaan AHY?
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harketuimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harketuimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), diisukan bakal dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN).

Rumor itu muncul setelah adanya rencana perombakan kabinet atau reshuffle kabinet, Rabu (21/2/2024) besok. AHY rencanannya bakal menempati posisi kursi Menteri ATR/Kepala BPN untuk menggantikan Hadi Tjahjanto.

Hadi disebutkan bakal dilantik sebagai Menko Polhukam menggantikan Mahfud Md yang telah mundur untuk ikut kampanye pemilihan presiden dan calon wakil presiden akhir Januari 2024 lalu.

Kendati demikian, Partai Demokrat masih hemat suara ihwal kemungkinan ketua umum mereka dipinang Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri pada masa akhir pemerintahannya.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden.

“Reshuffle kabinet hak prerogatif Presiden. Kami menghormati betul hak Bapak Presiden. Jadi, apakah akan ada pelantikan menteri, lalu siapa menterinya, tentu beliaulah yang tahu. Silahkan ditanyakan kepada beliau,” kata Herzaky dihubungi melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Lantas, berapa sebenarnya harta kekayaan AHY putra sulung Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini?

Terakhir kali AHY melaporkan harta kekayaannya saat ikut kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 bersama Sylviana Murni.

Kala itu, AHY resmi mengundurkan diri dari dinas militer di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Total harta kekayaan AHY sebesar Rp15,2 miliar (Rp15.291.805.024) per 3 Oktober 2016, seperti dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara Elektronik (e-LHKPN) Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK).

Perinciannya, harta tidak bergerak senilai Rp6,77 miliar, harta bergerak sebesar Rp1,59 miliar, giro dan setara kas lainnya sebesar Rp6,92 miliar.

Ihwal aset tanah dan bangunan, AHY memiliki bangunan seluas 90 meter persegi di Jakarta Selatan yang berasal dari hasil sendiri, perolehan dari 2004 sampai dengan 2016 NJOP Rp1,06 miliar.

Sementara itu, terdapat juga tanah dan bangunan seluas masing-masing 208 meter persegi dan 60 meter persegi di Jakarta Selatan hasil sendiri, perolehan dari 2003 sampai dengan 2016 NJOP Rp3,12 miliar.

AHY juga tercatat memiliki tanah seluas 978 meter persegi di Bogor yang berasal dari hasil sendiri dan hibah, perolehan dari 2005 sampai dengan 2016, NJOP Rp2,58 miliar.

Di sisi lain, AHY memiliki mobil merk Toyota Vellfire buatan tahun 2012 yang berasal dari hasil sendiri dengan nilai Rp550.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper