Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Otorita IKN Kantongi 345 Surat Minat Investasi dari Calon Investor

Badan Otorita mengklaim bahwa geliat investasi di IKN tidak terdampak dengan adanya gelaran Pemilu 2024.
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan surat minat investasi (letter of intent/LoI) untuk pembangunan IKN terus bertambah di tengah gelaran kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menjelaskan, hingga periode Januari 2024, jumlah LoI yang diterima telah menembus 345 surat.

"Kalau total yang LoI memang sangat tinggi, yaitu 345 totalnya," kata Agung dalam Media Briefing, Selasa (16/1/2024).

Agung menuturkan, posisi LoI tersebut meningkat 10 surat dibandingkan dengan data pada akhir Desember 2023. Dengan demikian, Agung mengklaim bahwa geliat investasi di IKN tidak terdampak dengan adanya gelaran Pemilu 2024.

"Apakah ini melambat, saya rasa tidak. Terakhir saya media briefing, LoI itu 330 sekarang 345, jadi akan terus bertambah," ujarnya.

Lebih rinci, Agung menjelaskan, khusus untuk tahun ini, pihaknya baru akan memproses sejumlah LoI proyek yang bakal dibangun di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A di sekitar Sumbu Kebangsaan.

"KIPP 1A sekitar Sumbu Kebangsaan ini yang akan diperlukan untuk bagaimana [pemindahan] pemerintahan akan dimulai pada 2024 dengan [digelarnya HUT RI] 17 Agustus di IKN," tambahnya.

Adapun, pada Rabu, (17/1/2024), OIKN bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan akan segera melangsungkan proses groundbreaking 10 proyek baru di IKN.

Dalam penjelasannya, 10 proyek tersebut akan digarap oleh 8 lembaga atau institusi pelat merah hingga swasta. Beberapa proyek tersebut di antaranya terdapat hotel, pergudangan logistik, kantor otorita, hingga area ruang terbuka hijau.

Tak hanya melakukan groundbreaking, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan peninjauan sejumlah proyek yang telah dibangun di IKN. Di mana, hingga saat ini progres pembangunan IKN tahap 1 dilaporkan telah mencapai 70%.

Berikut daftar proyek yang akan groundbreaking di IKN pada Rabu (17/1/2024).

1. Kantor Pos Indonesia (Nusantara Logistic Hub)

2. RRI (Studio Siaran Radio)

3. Sun Hub (Area Pergudangan)

4. Jambuluwuk Hotel & Resort

5. Green Pesantren oleh BenihBaik.com

6. PT Wulandari Bangun Laksana (Nusantara Warehouse Park)

7. Kementerian PUPR (Kantor Otorita IKN)

8. Masjid Negara 

9. Memorial Park

10. Kantor LPS 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper