Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Investor Groundbreaking di IKN Awal 2024, Ada BCA Milik Djarum

Otorita IKN menyebut 15 proyek investasi rencananya akan dimulai pembangunannya pada Januari - Februari 2024.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan terdapat 15 investor yang akan segera merealisasikan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan melaksanakan groundbreaking tahap 4 pada awal tahun ini.

Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menyebut bahwa 15 proyek investasi tersebut rencananya akan dimulai pembangunannya pada Januari - Februari 2024.

Kendati demikian, Agung belum bisa mengungkapkan kapan pastinya proses peletakkan batu pertama (groundbreaking) tersebut akan dilangsungkan. Mengingat, prosesnya masih perlu disesuaikan dengan kesiapan jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Untuk groundbreaking masih akan dibahas, disesuaikan dengan jadwal RI 1 (Presiden Joko Widodo) kapan dan berapa lama," kata Agung saat dihubungi Bisnis, dikutip Selasa (9/1/2024).

Agung menuturkan, jumlah investor yang akan melangsungkan groundbreaking di bulan ini juga akan disesuaikan dengan jadwal kunjungan Presiden Jokowi ke IKN. Sehingga, tambah Agung jumlah investor hingga nilai investasinya masih belum bisa dipublikasikan.

"Jumlah investor yang bisa terakomodir akan tergantung," ujar Agung.

Untuk diketahui, dalam dokumen paparan OIKN pada Desember 2023, groundbreaking tahap 4 kali ini bakal diikuti oleh 15 investor termasuk Konsorsium Nusantara yang dipimpin oleh Aguan atau Sugianto Kusuma hingga unit bisnis Grup Djarum yaitu PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) milik Hartono bersaudara.

"Di tahun 2024 kita akan mengawali groundbreaking lagi. Antara bulan Januari hingga Februari dan sudah ada 15 investor yang sudah menyiapkan diri," jelasnya.

Meskipun belum merinci berapa total injeksi investasi yang bakal diperoleh, OIKN memastikan bahwa investasi tersebut bakal mendorong percepatan pembangunan IKN Tahap 1 untuk rampung pada 2024.

"Ini akan menunjukkan bahwa IKN gaspol terus di tahun 2024 dengan groundbreaking investasi dan kita siap untuk bekerja sama kolaborasi mewujudkan kota hijau cerdas dan dimulainya Upacara di 17 Agustus 2024," pungkasnya.

Berikut daftar 15 perusahaan dan institusi yang akan groundbreaking tahap 4 di IKN:

1. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) 

2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) 

3. PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) 

4. Konsorsium Nusantara  

5. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) 

6. Yayasan Arsari 

7. Otoritas Jasa Keuangan 

8. BPJS Kesehatan 

9. PT PLN 

10. Indogrosir 

11. RGE Hotel Bintang 5 dan Convention Center 

12. Jambuluwuk Hotel & Resort 

13. GGS Vivere Group (Showroom Furniture) 

14. Sinar Primera (Kawasan Pergudangan) 

15. Grand Lucky 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper