Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecelakaan Kereta di Bandung, Kemenhub Upayakan Hal Ini

Kemenhub berupaya mengembalikan layanan kereta api dengan optimal menyusul kecelakaan antara KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya.
Tabrakan KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya di petak jalan Haurpugur-Cicalengka, Bandung, Jumat (5/1/2024).
Tabrakan KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya di petak jalan Haurpugur-Cicalengka, Bandung, Jumat (5/1/2024).

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berupaya mengembalikan layanan kereta api dengan optimal menyusul kecelakaan antara KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024) pagi ini di Cicalengka, Bandung.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menuturkan, insiden tersebut melibatkan KA Turangga (KA Plb 65A) dengan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350) di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700.

Kemenhub juga menyampaikan permohonan maaf atas insiden kecelakaan ini. Dia menuturkan, kecelakaan tersebut berdampak pada terganggunya layanan kereta api terutama di wilayah Jawa Barat.

Sebagai bentuk tindaklanjut, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah menurunkan tim evakuasi ke lokasi kejadian. Adita memaparkan, tim tersebut akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait di lokasi kejadian untuk mengevakuasi gerbong dan para penumpang kereta.

“Selanjutnya, kami juga akan mengembalikan layanan kereta api seperti semula,” jelas Adita dalam pernyataan video yang diterima Bisnis.com, Jumat (5/1/2024).

Lebih lanjut, Kemenhub juga menyampaikan keprihatinan dan duka cita mendalam atas terjadinya kecelakaan yang melibatkan 2 kereta ini. Adita juga memohon doa dan dukungan masyarakat agar proses evakuasi dapat segera diselesaikan.

Sebelumnya, EVP of Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia (Persero) Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 rangkaian kereta api tersebut. Dengan adanya upaya ini, maka pelayanan kereta api di jalur tersebut akan mengalami gangguan

Agus menuturkan, jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut.

“KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengglami musibah tersebut,” kata Agus.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper