Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirjen Bea Cukai Respons iPad Rp1 Juta yang Batal Dijual Baim Wong

Direktur Jenderal Bea Cukai Askolani mengungkapkan perlu dilakukan pengecekan bersama terkait asal usul iPad tersebut karena terkait dengan kepabeanan.
Aktor Baim Wong bersama istrinya Paula Verhoeven. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @baimwong
Aktor Baim Wong bersama istrinya Paula Verhoeven. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @baimwong

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Bea Cukai Askolani mengungkapkan perlu dilakukan pengecekan bersama terkait asal usul barang berupa iPad yang akan dijual oleh salah satu artis Tanah Air, Baim Wong, dengan harga Rp1 juta/unit. 

Askolani menyampaikan, asal usul barang, apakah dari dalam atau luar negeri perlu dicek karena terkait dengan kepabeanan.

“Kalau barang dari dalam negeri (DN) dan memang sudah diperjualbelikan di DN, maka tentunya sesuai dengan ketentuan perdagangan di DN. Kalau barang impor maka perlu dilihat apakah dokumen impornya sudah sesuai ketentuan. Jadi banyak hal yang perlu direcheck bersama,” ungkapnya kepada Bisnis, Kamis (28/12/2023). 

Dirinya juga menekankan perlu dilihat juga kondisi barang tersebut, apakah barang baru atau lama alias bekas.

Pasalnya, terdapat larangan terbatas atau lartas untuk importasi barang bekas ke Indonesia. Untuk itu, pihaknya perlu melakukan peninjauan lebih lanjut kepada Baim Wong. 

Dalam unggahannya di Instagram @baimwong, dirinya menunjukkan sederet kardus yang berisi iPad. 

“Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Nggak, saya kasih harga murah Rp1 juta, beneran nih, ini menyambut 2024, udah lama kita gak berbagi yang mantep banget,” ungkapnya, dikutip Kamis (28/12/2023). 

Lantas, netizen menduga barang tersebut merupakan refurbished atau barang bekas yang diperbarui kembali. 

Pasalnya, iPad yang rencananya akan dijual pada 26 Desember 2023 lalu, hanya terbalut kotak plastik transparan. Berbeda dengan kotak yang Apple keluarkan dengan warna putih lengkap dengan logo khas milik Apple. 

Adapun, Apple secara umum diketahui memang menjual barang refurbished secara resmi. Meski demikian, iBox selaku premium reseller produk Apple di Indonesia mengonfrimasi tidak menjual produk tersebut. 

“Mohon maaf kami tidak menjual produk second. Produk kami baru dan masih tersegel,” ungkap iBox Indonesia kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper