Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Percikan Api di Kolong KRL di Bojonggede, Begini Penjelasan KAI Commuter

KAI Commuter angkat bicara terkait munculnya percikan api pada bagian bawah salah satu trainset KRL Jabodebek yang diduga pada Selasa (26/12/2023) malam.
Rangkaian kereta rel listrik atau KAI Commuter melintas di Jakarta, Senin (18/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Rangkaian kereta rel listrik atau KAI Commuter melintas di Jakarta, Senin (18/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter angkat bicara terkait munculnya percikan api pada bagian bawah salah satu rangkaian kereta (trainset) KRL Jabodebek yang diduga akibat korsleting listrik pada Selasa (26/12/2023) malam.

External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengonfirmasi adanya kejadian tersebut di Stasiun Bojonggede pada Selasa (26/12/2023) malam. Leza memaparkan, insiden ini terjadi pada KRL Nomor 1387 rute Bogor-Jakarta Kota tepatnya di jalur 1 Stasiun Bojonggede pukul 18.50 WIB.

“Imbas kendala tersebut, perjalanan Commuter Line No. 1387 tidak bisa melanjutkan perjalanannya kembali,” jelas Leza saat dikonfirmasi, Rabu (27/12/2023).

Leza menjelaskan, petugas terkait juga telah melakukan pemeriksaan awal atas kendala pada trainset tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan awal, rangkaian yang terkendala itu kembali dijalankan untuk menuju Depo Depok untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Leza juga menuturkan, pihak terkait hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan secara detail dan menyeluruh untuk mengetahui penyebab dari kendala tersebut.

Adapun, dia mengatakan, seluruh pengguna Commuter Line No. 1387 yang akan melanjutkan perjalanannya dialihkan ke Commuter Line No. 1382 relasi Bogor – Jakarta Kota di Stasiun Bojonggede.

Untuk tetap melayani pengguna, KAI Commuter melakukan tukar rangkaian tersebut dengan rangkaian kereta cadangan. Leza menuturkan, KAI Commuter juga melakukan rekayasa pola operasi Commuter Line No.1388 yang seharusnya perjalanan hingga Stasiun Bogor dijalankan hanya sampai Depok untuk kembali menuju Jakarta. 

“Akibat insiden tersebut, perjalanan Commuter Line No. 1387 mengalami keterlambatan 47 menit,” ujar Leza.

Dalam unggahan video pada akun X (dahulu Twitter) @j***_ yang diakses pada Rabu (27/12/2023), terlihat percikan api yang menyala terang berkali-kali dari bagian bawah salah satu gerbong atau kereta yang sedang berhenti. 

Sementara itu, suasana di dalam rangkaian kereta itu terlihat sudah kosong dan tidak ada penumpang.

“KA 13878 di Stasiun Bojong Gede mengalami konslet dikarenakan hujan deras disertai petir,” demikian keterangan atau caption pada video tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper