Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Goodyear Indonesia (GDYR) Ikut Atur Tata Kelola Ban Bus Transjakarta

PT Goodyear Indonesia Tbk. (GDYR) akan berkontribusi dalam operasional transportasi publik yang dikelola PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).
Bus listrik Transjakarta melintas di Jakarta, Jumat (6/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bus listrik Transjakarta melintas di Jakarta, Jumat (6/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Goodyear Indonesia Tbk. (GDYR) akan berkontribusi dalam operasional transportasi publik yang dikelola PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), khususnya manajemen pengelolaan ban pada bus Transjakarta. 

Kerja sama kedua pihak ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengkajian penerapan manajemen ban, pelatihan bagi pramudi, mekanik dan pengelola manajemen ban di depo.

Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia Tbk. (GDYR) Iman Santoso, mengatakan biaya perawatan ban umumnya akan menyerap 30% dari total biaya pemeliharaan kendaraan. 

"Sehingga kemampuan menatalaksana ban tentu saja akan memberi keuntungan maksimal bagi manajemen untuk mengembangkan kualitas operasional armada," kata Iman di Jakarta, Selasa (19/12/2023). 

Dalam hal ini, Goodyear akan memberikan pelatihan dan pengelolaan manajemen ban Transjakarta. Adapun, bus Transjakarta yang aktif beroperasi saat ini sebanyak 592 bus dengan lebih dari 5.000 ban yang memiliki nilai kontrak Rp5 miliar untuk 2023.

Kerja sama ini diawali dari komitmen untuk meningkatkan sistem perawatan dan diagnostik yang menyeluruh pada ban. Sebab, jarak tempuh harian yang tinggi tentu mengurangi umur pakai ban dengan cepat. 

Terlebih, Direktur Utama PT Transjakarta, Welfizon Yuza mengatakan perawatan ban penting untuk meminimalisir kecelakaan sekaligus efisiensi biaya pembelian ban di masa mendatang. 

Dia pun berharap lewat kerja sama dengan Goodyear Indonesia, aspek keselamatan dan efisiensi dapat terpenuhi. Di sisi lain, dia berencana untuk menggodok pola kerja sama memasok ban Goodyear untuk transportasi publik di Jakarta. 

"Ke depan, ada banyak pola pola lain yang bisa kita lakukan bersama, misalnya bentuknya ban nya drngan harga kilometer tertentu. Sehingga efisiensi ataupun biaya yang dikeluarkan transjakarta bisa lebih efisien," ujarnya.  

Kolaborasi ini pun dinilai menjadi langkah untuk menekan penggunaan alokasi subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk biaya operasional transportasi umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper