Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Lampu Hijau di Blok Rokan hingga 9 Mobil Terlaris

Percepatan penerapan teknologi pengurasan minyak tahap lanjut EOR di dua lapangan Blok Rokan, akhirnya mendapat lampu hijau dari SKK Migas.
Presiden Jokowi meninjau kawasan PT Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Riau, Kamis (5/1/2023) - Humas Setkab/Agung.
Presiden Jokowi meninjau kawasan PT Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Riau, Kamis (5/1/2023) - Humas Setkab/Agung.

Bisnis.com, JAKARTA – Percepatan penerapan teknologi pengurasan minyak tahap lanjut atau enhanced oil recovery (EOR) di dua lapangan minyak dan gas bumi Blok Rokan, Riau, akhirnya mendapat lampu hijau dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Berita bertajuk Lampu Hijau Percepatan EOR Blok Rokan menjadi salah satu pilihan redaksi BisnisIndonesia.id.

Selain itu, Anda juga perlu membaca sejumlah berita menarik lainnya turut tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut ini sorotan utama Bisnisindonesia.id, Selasa (19/12/2023):

1. Lampu Hijau Percepatan EOR Blok Rokan Senilai Rp5,18 Triliun

Percepatan penerapan teknologi pengurasan minyak tahap lanjut atau enhanced oil recovery (EOR) di dua lapangan minyak dan gas bumi Blok Rokan, Riau akhirnya mendapat lampu hijau dari SKK Migas.

SKK Migas resmi menyetujui usulan rencana pengembangan (plan of development/PoD) chemical EOR Lapangan Minas Tahap-1 (Area-A) yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan investasi Rp1,48 triliun pada 14 Desember 2023.

Penerapan chemical EOR di lapangan migas Blok Rokan menjadi salah satu upaya yang ditempuh untuk meningkatkan produksi di blok migas tua itu setelah mengalami tren penurunan produksi dalam beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya, persetujuan PoD juga diberikan kepada PHR untuk rencana steamflood EOR Lapangan Rantaubais Tahap-1 dengan nilai investasi Rp3,7 triliun. Kedua proyek EOR itu menjadi bagian dari pemenuhan komitmen kerja pasti (KKP) di Blok Rokan yang telah dibuat pada saat alih kelola blok pada 9 Agustus 2021 dari Chevron.

2. Memacu Ekspor Furniture dari Hulu Bahan Baku

Industri mebel dan furniture berfokus merebut peluang di pasar ekspor. Namun, persoalan bahan baku masih menjadi tantangan.

Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Dedy Rochimat mengatakan potensi pasar global mencapai US$766 miliar. Sedangkan, Indonesia baru masuk di angka US$2,8 miliar pada 2022.

Asmindo berharap dapat meningkatkan nilai ekspor hingga 20% pada 2024.

Di sisi lain, ekspor furnitur RI di Asean hanya sebesar US$196 juta pada 2022 dari potensi pasar Asean sebesar US$14,5 miliar. Pada semester pertama tahun ini, pendapatan ekspor mebel mencapai US$1,2 miliar.

3. Menuju Rumah Sakit Pintar, Sejumlah Tantangan Mengadang

Penyedia layanan kesehatan di Indonesia sudah mulai beralih dari sistem konvensional ke sistem digital. Studi terbaru, rumah sakit memasuki tahap awal adaptasi digital dan masih menghadapi sejumlah tantangan.

Menurut studi Kearney, rumah sakit mulai menyadari pentingnya data berbasis nilai tambah dalam mengimplementasikan layanan yang berpusat pada pelanggan. Transformasi ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yang mendorong rumah sakit untuk mengubah sistem layanan mereka menjadi rumah sakit pintar.

Pada Maret 2023, pemerintah memperkenalkan Satu Sehat Mobile untuk memperluas manfaat aplikasi PeduliLindungi di luar tujuan awalnya untuk mengelola Covid-19, termasuk sentralisasi rekam medis nasional. Inisiatif ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk memodernisasi rumah sakit dan meningkatkan akses publik ke data kesehatan pribadi.

"Komitmen dan inisiatif pemerintah untuk mengubah fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit, sangat kami hargai karena telah meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan," kata Partner dan Direktur Utama Kearney Shirley Santoso, dikutip Senin (18/12/2023).

4. Prospek IPO Sektor Teknologi & Sengatan Rencana Aksi the Fed

Penggalangan dana melalui pasar modal oleh perusahaan teknologi diproyeksi bakal semakin ramai tahun depan, seiring dengan perusahaan modal ventura atau ventures capital yang menghendaki realisasi investasi untuk perusahaan teknologi.

Alasan lainnya, emiten teknologi digital juga akan diuntungkan dengan adanya rencana aksi the Fed yang melakukan penurunan suku bunga, yang terealisai pada 2024.

Research Analyst Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christopher Rusli mengatakan, dengan kesepakatan venture capital yang ramai terjadi pada 2019, maka perusahaan rintisan atau startup yang menjadi portofolio para modal ventura diharapkan akan melakukan IPO pada 2024.

“Jadi investor mau melihat ada bukti yang bisa direalisasikan di investasi mereka. Cara yang paling mudah di Indonesia adalah lewat IPO,” kata Christopher, dikutip Senin (18/12/2023).

5. Daftar 9 Mobil Terlaris di Indonesia, Daihatsu Terios Mengejar

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan pengiriman mobil dari pabrikan ke dealer (wholesales) sepanjang 11 bulan pertama tahun ini turun 2,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 942.686 unit menjadi 920.758 unit.

Adapun penjualan secara ritel tercatat 908.343 unit atau turun tipis 0,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 909.691 unit.

Sementara itu, deretan 9 mobil dengan angka penjualan (wholesales) terbanyak pada November tidak berubah, kecuali Daihatsu Gran Max Pikap yang tergeser oleh Daihatsu Terios.

Meski demikian, Gran Max Pikap tetap dalam daftar 9 mobil terlaris sepanjang Januari-November 2023, sedangkan Terios tidak termasuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper