Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Posisi Investasi Internasional RI Turun Jadi US$252,6 Miliar

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi Investasi Internasional Indonesia turun jadi US$252,6 Miliar pada kuartal III/2023.
Kantor Bank Indonesia di Jakarta/Reuters-Iqro Rinaldi
Kantor Bank Indonesia di Jakarta/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia pada kuartal III/2023 mencatat kewajiban neto yang menurun. 

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa PII Indonesia mencatat kewajiban neto sebesar US$252,6 miliar pada akhir kuartal III/2023, turun dibandingkan dengan kewajiban neto pada akhir kuartal II/2023 sebesar US$253,8 miliar. 

Dia menjelaskan, penurunan kewajiban neto tersebut bersumber dari penurunan posisi kewajiban finansial luar negeri (KFLN) yang dibarengi dengan peningkatan posisi aset finansial luar negeri (AFLN).

Tercatat, posisi KFLN Indonesia pada akhir kuartal III/2023 turun sebesar 0,1% (quarter-to-quarter/qtq) menjadi US$716,8 miliar dari US$717,6 miliar pada akhir kuartal II/2023.

“Posisi KFLN Indonesia menurun didorong aliran keluar modal asing pada investasi portofolio sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global,” kata Erwin dalam siaran pers, Senin (18/12/2023).

Dia menjelaskan penurunan posisi KFLN berasal dari turunnya posisi kewajiban investasi portofolio dalam bentuk Surat Berharga Negara (SBN) dan surat utang swasta.

Di sisi lain, posisi kewajiban investasi langsung dan investasi lainnya masih menunjukkan peningkatan seiring tetap terjaganya optimisme terhadap prospek perekonomian domestik. 

“Perkembangan posisi KFLN juga dipengaruhi oleh penguatan nilai tukar dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, termasuk rupiah,” jelas Erwin.

Sementara itu, posisi AFLN pada akhir kuartal III/2023 tercatat sebesar US$464,2 miliar, naik 0,1% qtq dari US$463,8 miliar pada akhir kuartal sebelumnya. 

Peningkatan tersebut, kata Erwin, terutama disebabkan oleh naiknya posisi aset investasi langsung, investasi portofolio, dan investasi lainnya dalam bentuk surat utang dan pinjaman. 

Sementara posisi aset cadangan devisa menurun, antara lain untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah sebagai antisipasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global. 

Erwin menambahkan PII Indonesia pada kuartal III/2023 terus mendukung ketahanan eksternal, tercermin dari rasio kewajiban neto PII Indonesia terhadap PDB yang berada di kisaran 18,6% pada kuartal III/2023, lebih rendah dari dengan kuartal sebelumnya sebesar 18,8%.

Struktur kewajiban PII Indonesia juga didominasi oleh instrumen berjangka panjang sebesar 93,9%, terutama dalam bentuk investasi langsung. 

“BI meyakini kinerja PII Indonesia akan tetap terjaga sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19 yang didukung sinergi bauran kebijakan BI dan Pemerintah, serta otoritas terkait lainnya. Meskipun demikian, BI akan tetap memantau potensi risiko terkait kewajiban neto PII terhadap perekonomian,” tutur Erwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper