Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Skandal Properti Terbesar di Asia: Evergrande hingga Konglomerat Vietnam

Sejumlah skandal di dunia bisnis properti dengan nilai fantastis terjadi di Asia. Terbaru, konglomerat Vietnam menggelapkan dana Rp192 triliun.
Logo perusahaan China Evergrande di kantor mereka di Hong Kong pada 26 Maret 2018./Reuters/Bobby Yip
Logo perusahaan China Evergrande di kantor mereka di Hong Kong pada 26 Maret 2018./Reuters/Bobby Yip

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah skandal di dunia bisnis properti dengan nilai fantastis terjadi di Asia. Terbaru, konglomerat real estat Vietnam menggelapkan dana US$12,4 miliar atau setara Rp192 triliun.

Kasus penggelapan dana yang menyeret bos properti Truong My Lan sebesar Rp192 triliun digadang-gadang menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Hal tersebut tentu menambah catatan panjang sejumlah skandal pada sektor properti yang pernah terjadi. Pada pertengahan 2023 misalnya, dunia baru saja dihebohkan dengan kasus raksasa properti asal China Evergrande yang jatuh bangkrut. 

Evergrande ambruk karena dilanda krisis likuiditas jumbo mencapai US$300 miliar atau sekitar Rp4.600 triliun hingga berdampak pasar properti China yang turut porak poranda tersentil sentimen negatif.

Berikut sederet skandal properti di kawasan Asia, berdasarkan catatan Bisnis:

1. Evergrande

Krisis properti yang melanda perusahaan raksasa China Evergrande berawal saat perusahaan mengalami gagal pembayaran obligasi sebesar US$340 miliar atau sekitar Rp4.400 triliun pada 2021.

Padahal, raksasa properti ini juga diketahui memiliki implikasi luas bagi sistem keuangan China mencapai US$60 triliun, dan dapat berdampak terhadap seluruh bank dan jutaan pemilik rumah.

Tak ayal, peristiwa tersebut lantas menghambat pertumbuhan ekonomi China. Pada saat itu, para ekonom memprediksi pertumbuhan ekonomi China akan berada di bawah target pemerintah, yakni sekitar 5 persen. 

Kasus yang melanda perusahaan membuat bos Evergrande Group, Hui Ka Yan kehilangan status sebagai miliarder. Kekayaannya turun ke titik terendah imbas krisis utang yang didera Evergrande sejak 2021 senilai Rp4.500 triliun per Juni 2023.

Melansir dari Bloomberg, Minggu (29/10/2023) kekayaan pendiri Evergrande Group itu merosot hingga 98% menjadi US$979 juta atau setara dengan Rp15,6 triliun. Padahal, harta kekayaan Hui Ka Yan pada tahun 2017 tercatat sebesar US$42 miliar atau Rp669,6 triliun.

Tak sampai di sana, setelah kehilangan status miliardernya, taipan yang mendirikan Evergrande pada 1996 itu kini di tahan dan dalam masa penyelidikan polisi karena dugaan melakukan kejahatan ilegal terkait keuangan perusahaannya.

Sementara itu, Melansir Bloomberg, Kamis (7/12/2023), Evergrande secara resmi mengajukan kebangkrutan pada Kamis (17/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper