Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabatan Dirut Bulog Dicopot saat Perjalanan Dinas, Budi Waseso Buka Suara

Budi Waseso menyebut jabatan Dirut Bulog dicopot saat dirinya melakukan perjalanan dinas ke Provinsi Aceh.
Mantan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Kantor Pusat Perum Bulog, Rabu (18/10/2023)./ BISNIS - Ni Luh Anggela
Mantan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Kantor Pusat Perum Bulog, Rabu (18/10/2023)./ BISNIS - Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA - Budi Waseso (Buwas), yang kini menjabat Komisaris Utama PT Semen Indonesia, buka suara soal ditunjuknya Bayu Krisnamurthi sebagai Direktur Utama Perum Bulog menggantikan dirinya. Adapun sebelum digeser menjadi Komut Semen Indonesia, Buwas telah memimpin Perum Bulog selama 5 tahun sejak 2018.

Buwas mengaku menerima keputusan tersebut, meskipun keputusan Erick Thohir menunjuk Bayu Krisnamurthi sebagai Dirut Bulog menggantikan dirinya dilakukan saat dia tengah melakukan perjalanan dinas ke Provinsi Aceh untuk meninjau ketersediaan beras bantuan pangan dan beras SPHP di Gudang Bulog Siron, Kabupaten Aceh Besar.

"Bagi saya jabatan amanah itu yang memang harus kita jaga sebaik mungkin, jadi saya kira wajar-wajar aja biasa aja," ujar Buwas dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).

Kendati begitu, Buwas meyakini dipilihnya Bayu Krisnamurthi sebagai Dirut Bulog menggantikan dirinya telah melalui pertimbangan baik dari Menteri BUMN Erick Thohir maupun Presiden Joko Widodo untuk menangani persoalan pangan yang fundamental. Menurutnya, Bayu Krisnamurthi bukan sosok baru di lingkungan Perum Bulog.

Adapun Bayu pernah tercatat menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Perum Bulog tahun 2007 hingga 2012 dan dipercayakan kembali menjabat sebagai Ketua Dewas Pengawas Perum Bulog pada 4 Juli 2023.

"Saya yakin dan percaya pengganti saya lebih mampu daripada saya, karena beliau juga lama menjadi Dewas, beliau juga sudah lama paham tentang Bulog, jadi saya tenang. Wah saya kira lebih baik, saya yakin dan percaya beliau pasti bisa menjalankan dan meneruskan apa yang sudah saya kerjakan bahkan mungkin hal-hal yang kurang akan beliau diperbaiki," tutur Buwas.

Sebelumnya, pergantian Dirut Bulog tersebut dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Semen Indonesia Group (SIG) pada Jumat (1/12/2023), Buwas resmi diangkat sebagai Komisaris Utama SIG.

Pengangkatan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-341/MBU/12/2023 tanggal 1 Desember 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perum Bulog.

Selain mengangkat Bayu Krisnamurthi sebagai Dirut Bulog, Erick Thohir juga menambah  1 direksi di Perum BULOG yaitu Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan sehingga susunan direksi Perum BULOG menjadi 6 direksi dari sebelumnya 5 direksi.

Susunan Direksi dan Dewan Pengawas Perum Bulog Terbaru:

Susunan Direksi Perum Bulog: 

  1. Direktur Utama : Bayu Krisnamurthi 
  2. Direktur Keuangan : Bagya Mulyanto 
  3. Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik : Mokhamad Suyamto 
  4. Direktur Bisnis : Febby Novita 
  5. Direktur Human Capital : Purnomo Sinar Hadi Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan : Sonya Mamoriska 

Susunan Dewan Pengawas Perum Bulog: 

  1. Ketua : Arief Prasetyo Adi 
  2. Anggota Independen : Dian Safitri
  3. Anggota Independen : Donny Gahral Adian
  4. Anggota : Musdhalifah Machmud
  5. Anggota Independen : Zainut Tauhid
  6. Anggota : Fadjry Djufry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper