Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keamanan dan Kemakmuran AS Terkait Erat dengan Kawasan Indo-Pasifik

AS berkomitmen terhadap kawasan Asia-Pasifik karena diyakini memiliki masa depan yang baik bagi negaranya.
Presiden AS Joe Biden berjalan di halaman Selatan Gedung Putih sebelum menaiki Marine One di Washington, DC, AS, pada Selasa, (14/11/2023). / Bloomberg
Presiden AS Joe Biden berjalan di halaman Selatan Gedung Putih sebelum menaiki Marine One di Washington, DC, AS, pada Selasa, (14/11/2023). / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat akan tetap berfokus pada komitmennya terhadap kawasan Asia-Pasifik, lantaran kawasan ini dinilai memiliki masa depan yang baik bagi Amerika Serikat (AS). 

Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Menteri Luar Negeri Departemen Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, Daniel Kritenbrink dalam Digital Press Briefing mengenai Pertemuan APEC, Presiden Biden dan Presiden Xi, Jumat (17/11/2023).

Saya pikir poin penting di sini adalah kami akan tetap berfokus pada komitmen kami terhadap kawasan ini. Kami pikir keamanan dan kemakmuran masa depan kami terkait erat dengan kawasan Indo-Pasifik,” tuturnya. 

Untuk itu, ia mengatakan bahwa AS akan mendukung upaya-upaya untuk komitmen tersebut. Dalam konteks yang lebih besar, penting juga bagi AS untuk mengelola hubungan persaingan dengan China. 

Kritenbink kemudian juga mengutip ucapan dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada 14 November 2023, pada sesi pleno pembukaan pertemuan tingkat menteri APEC, mengatakan bahwa AS percaya pada komunitas Asia-Pasifik yang  terbuka, dinamis, tangguh, dan damai, yang meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dan generasi mendatang.

Ia juga menuturkan bahwa AS meyakini visi tersebut, yakni kawasan di mana perekonomian bebas memilih jalannya sendiri dan mitranya, dengan permasalahan yang ditangani secara terbuka, peraturan dicapai dengan transparan, diterapkan secara adil; dimana barang, ide, orang mengalir secara sah dan bebas.

Berdasarkan catatan Bisnis, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen menuturkan bahwa AS berkomitmen untuk memperluas perdagangan dan investasi dengan negara-negara Indo-Pasifik dan menekankan pentingnya wilayah ini. 

"Kami sedang memperdalam ikatan ekonomi kami di seluruh wilayah ini, dengan potensi manfaat yang besar untuk ekonomi AS dan Indo-Pasifik,” jelas Yellen

Yellen juga menjelaskan bahwa alasan ekonomi untuk memperluas perdagangan dan investasi sudah jelas, lantaran Indo-Pasifik merupakan kawasan yang dinamis dan berkembang pesat. Seiring pertumbuhannya, AS mendapatkan basis pelanggan yang berkembang pesat untuk perusahaan dan pekerja AS.

Menurutnya, keterlibatan ekonomi dengan negara-negara Indo-Pasifik penting untuk memperkuat keamanan rantai pasokan AS dan mengulangi keinginannya untuk mendiversifikasi rantai pasokan ke negara-negara wilayah Indo-Pasifik melalui “friend-shoring” atau menggunakan sekutu yang dapat dipercaya sebagai sumber pasokan. 

"Dan mencapai ketahanan melalui kemitraan dengan negara-negara Indo-Pasifik berarti keuntungan bagi ekonomi Indo-Pasifik juga," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper